Kamis 14 Februari 2019, 12:00 WIB

Kata Manis Bos Real Madrid untuk VAR

Satria Sakti Utama | Sepak Bola
Kata Manis Bos Real Madrid untuk VAR

JOHN THYS/AFP

 

REAL Madrid merasa beruntung teknologi Video Assistant Referee (VAR) menyelamatkan mereka dari nasib buruk saat berkunjung Johan Cruijff Arena, markas Ajax Amsterdam. Pertandingan Rabu (14/2) dini hari WIB itu pun akhirnya dimenangi tim tamu dengan skor 2-1.

Wasit Damir Skomina memutuskan menganulir gol yang dicetak Alejandro Tagliafico di menit ke-38. Pengadil lapangan hijau asal Slovenia itu beralasan terjadi pelanggaran lebih dahulu setelah striker Dusan Tadic mencoba menghalangi pergerakan kiper Real Madrid Thibout Courtois.

Keputusan itu membuat 'Los Blancos', julukan Madrid, tidak kehilangan momentum sampai akhirnya mampu unggul lebih dahulu berkat gol Karim Benzema di menit ke-60.

Meski Winger Ajax Hakim Ziyech sempat menyamakan skor 15 menit berselang, tapi permainan terbuka hingga akhir laga membuat Madrid berhasil memamfaatkan kelengahan lini belakang Ajax di menit-menit akhir. Pemain pengganti Marco Asensio memastikan kemenangan setelah memanfaatkan umpan silang Dani Carvajal.

Baca juga: Real Madrid Menang Tipis dari Ajax

Seusai laga, pelatih Real Madrid Santiago Solari memberikan pujian atas penggunaan teknologi VAR di laga ini. Ia menilai VAR telah memberikan referensi yang jitu bagi wasit dalam mengambil keputusan.

"Kami tidak punya elemen untuk membuat pertimbangan. Kami tidak memiliki monitor. Oleh karena itu, kami percaya pada apa yang VAR dan wasit katakan," ungkap Solari.

Hal senada juga disampaikan kapten Real Madrid Sergio Ramos. Ia bahkan menyebut telah jatuh hati dengan teknologi yang resmi dirilis pertama kali pada ajang Piala Dunia Antarklub 2016 silam.

"Saya pendukung dari VAR. Sedikit demi sedikit, itu membuat sepak bola lebih adil. Terkadang akan menyakiti kami dan hari ini VAR menganulir gol untuk kami, itu sangat krusial," jelas pemain yang sudah tampil sebanyak 600 kali untuk Real Madrid ini.

Kemenangan itu membuat Madrid hanya membutuhkan hasil seri atau bahkan kalah 1-0 di laga leg kedua untuk lolos ke babak selanjutnya. Sedangkan, 'de Amsterdamers', julukan Ajax, mengusung misi wajib menang. (Goal/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More