Rabu 13 Februari 2019, 15:35 WIB

Hoaks Kebencanaan Membahayakan dan Lukai Hati Masyarakat

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Hoaks Kebencanaan Membahayakan dan Lukai Hati Masyarakat

MI/Ardi Teristi Hardi

 

KETUA Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, meminta masyarakat tidak menyebarkan hoaks kebencanaan. 

"Mari kita sama-sama melawan hoaks karena membahayakan dan meyakiti hati masyarakat," kata dia di Gedung DPRD DIY, Rabu (13/2) siang.

Di beberapa akun media sosial beredar video dan informasi hoaks terkait guguran erupsi Gunung Merapi.

Menurut dia, dengan kemajuan teknologi informasi saat ini masyarakat bisa  memantau kondisi Merapi terkini lewat aplikasi Jogja Istimewa. Dalam aplikasi tersebut, masyarakat bisa memantau situasi Gunung Merapi dan tempat-tempat lain di DIY.

Selain itu, akun-akun media sosial seperti BPBD DIY, BPPTKG, dan BMKG juga sangat aktif dalam menyampaikan informasi terkait potensi bencana dan peristiwa bencana yang terjadi. Dengan demikian, masyarakat dapat mengakses informasi secara tepat, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Baca juga: Beredar Video Bendungan Katulampa Siaga 1, Bima Arya: Jangan Percaya Hoaks

 

Eko mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang Badan Pendanggulangan Bencana Daerah DIY, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, dan instansi terkait untuk membahas mempersiapkan masyarakat dalam mendukung penanggulangan bencana, terutama di lereng Gunung Merapi, termasuk kesiapan logistik.

Sementara itu, informasi dari BPPTKG menyebutkan, pada Rabu (13/2) periode 06.00-12.00 WIB, berdasarkan data seismik, jumlah guguran 16 kali dengan durasi 13-65 detik.

Guguran teramati sebanyak empat kali, yaitu 1 guguran ke arah timur  laut dan 3 guguran ke arah tenggara (hulu Kali Gendol) dengan jarak luncur 50-600 m. Status Gunung Merapi tetap dipertahankan pada level waspada. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah

Mulai Besok, Gubernur Babel Batasi Penerbangan Sehari Sekali

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:33 WIB
Kebijakan tersebut diambil Erzaldi untuk menahan arus mobilisasi manusia dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran virus...
AFP/SONNY TUMBELAKA

Minggu Kedua April, Semua PDP Bali Dipindahkan ke RS PTN Jimbaran

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 29 Maret 2020, 12:20 WIB
Seluruh PDP di Bali akan serentak dipindahkan dan dipusatkan di RSPTN Universitas Udayana minggu kedua April agar  penanganan PDP...
Antara

Pemkab Sukabumi Sterilisasi Akses Masuk di Perbatasan

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 29 Maret 2020, 10:40 WIB
Pemkab Sukabumi mensterilkan orang-orang yang masuk dan juga kendaraannya yang keluar dan masuk ke Sukabumi untuk menekan penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya