Rabu 13 Februari 2019, 11:21 WIB

Utang AS Tembus Rp308 Ribu Triliun, Terbesar Sepanjang Sejarah

Marcheilla Ariesta | Internasional
Utang AS Tembus Rp308 Ribu Triliun, Terbesar Sepanjang Sejarah

Ilustrasi

 

UTANG Amerika Serikat (AS) dilaporkan mencapai US$22 triliun atau sekitar Rp308,7 ribu triliun. Angka itu menjadi yang terbesar sepanjang sejarah negara tersebut.

Laman New York Post, Rabu (13/2) melaporkan utang AS meningkat sejak Trump memperkenalkan paket kebijakan pemotongan pajak US$1,5 triliun. Program militer dan anggaran belanja domestik juga disebut sebagai pemicu meningkatnya utang negara Adidaya tersebut.

Kepala lembaga tanggung jawab fiskal Yayasan Peter G Peterson, Michael Peterson, mengatakan angka itu merupakan peringatan bagi Washington. Menurut dia, jumlah tersebut menunjukkan kondisi utang negara mengalami percepatan.

"Utang nasional kami terus meningkat dan bisa mengancam masa depan ekonomi setiap warga Amerika," tuturnya.

Baca juga: Trump Ancam Perpanjang Tenggat Negosiasi Dagang dengan Tiongkok

Dia menambahkan setiap harinya bunga utang AS mencapai US$1 miliar atau setara Rp14 triliun.

Menurut Peterson, suku bunganya membebani ekonomi dan dapat menyulitkan pendanaan investasi di masa depan.

Kantor Anggaran Kongres AS (CBO) mematok defisit tahun ini mencapai US$897 miliar. Jumlah itu mengalami kenaikan 15,1% dibanding defisit 2017.

CBO mengatakan kenaikan defisit akan terus berlanjut dan menjadi US$1 triliun pada awal 2022. Namun, tim ekonomi Trump bersikukuh pemotongan pajak pada akhirnya akan terbayar dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More