KPU Kota Cirebon Bungkus Kotak Suara dengan Plastik

Penulis: Nurul Hidayah Pada: Selasa, 12 Feb 2019, 18:30 WIB Nusantara
KPU Kota Cirebon Bungkus Kotak Suara dengan Plastik

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc.

UNTUK kehati-hatian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon membungkus kotak suara menggunakan plastik. Hujan dan kelembaban yang tinggi membuat  komisioner KPU Kota Cirebon harus ekstra hati-hati.

Berdasarkan pantauan di gudang di kantor KPU Kota Cirebon kotak suara  sudah terpasang dan disusun bertumpuk. Selain beralaskan palet dan kotak suara tersebut dibungkus menggunakan plastik. "Untuk  antisipasi, kami membungkus menggunakan plastik," ungkap Ketua KPU Kota Cirebon, Didi Nursidi, Selasa (12/2).

Hal itu dilakukan kendati berdasarkan ketentuan, plastik tersebut baru akan digunakan saat distribusi kotak suara pascapemilihan mendatang. Demi menghindari kerusakan kotak suara akibat cuaca, KPU Kota Cirebon akhirnya membungkus kotak suara yang telah dirakit menggunakan plastik sejak awal.

Di musim penghujan seperti saat ini, menurut Didi, faktor penyimpanan memang harus diperhatikan. Pihaknya tidak ingin kejadian rusaknya kotak suara seperti di KPU Kabupaten Cirebon terulang.

"Dengan cuaca seperti saat ini, kelembapan cukup tinggi," ungkap Didi.

Dijelaskan Didi, prosedur standar (SOP) dalam penanganan logistik pemilu sudah ditentukan, termasuk mengenai kelayakan gudang yang digunakan. Kelayakan gudang tersebut dilihat baik dari sisi keamanan maupun dari sisi tingkat kelembapannya.

KPU Kota Cirebon memiliki sejumlah gudang untuk menyimpan logistik pemilu. Untuk gudang kering, cukup dipasang dengan palet. Sedangkan di gudang lembap, selain palet juga digunakan alas bekas kotak suara aluminium. Semua kotak suara tersebut dibungkus menggunakan plastik.

"Kami juga melakukan fungigasi untuk menghindari serangan hama," ungkap Didi.

Tidak lupa, petugas keamanan juga ditempatkan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Dengan berbagai upaya yang telah mereka lakukan, Didi berharap kerusakan  kotak suara seperti yang terjadi pada kotak suara yang disimpan di  gudang milik KPU Kabupaten Cirebon tidak akan terulang kembali. (A-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More