Selasa 12 Februari 2019, 18:00 WIB

PVBMG Bandung Datangi Lokasi Retakan Tanah di Lebak

Antara | Humaniora
PVBMG Bandung Datangi Lokasi Retakan Tanah di Lebak

ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

 

PUSAT Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung mendatangi lokasi retakan tanah di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, guna mengetahui tingkat bahaya bencana alam itu.

Kedatangan itu langsung diapresiasi oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi.

Bencana pergerakan tanah di Kabupaten Lebak terjadi di Kecamatan Cimarga dan Kcamatan Cimarga akibat curah hujan tinggi. Beruntung, pergerakan tanah yang mengakibatkan ratusan rumah warga mengalami kerusakan kategori ringan hingga berat tidak menimbulkan korban jiwa.

Namun, pergerakan tanah di Kecamatan Cibeber sebanyak 31 warga mengungsi di tenda BPBD Lebak. Kondisi pergerakan tanah itu tentu cukup mengkhawatirkan dan membahayakan jika tidak segera dilakukan upaya penanganan.

"Semua warga korban retakan tanah itu akan direlokasi ke tempat yang lebih aman," kata Kaprawi.

Baca juga: Tanah Longsor Rusak Rumah Warga di Malang

Menurut dia, kunjungan tim PVMBG Bandung agar bisa menyimpulkan kondisi pergerakan tanah tersebut. Apakah bencana pergerakan tanah itu cukup membahayakan bagi masyarakat setempat.

Selain itu, bagaimana penanganan maupun upaya evakuasi sehingga tidak menimbulkan korban jiwa. Selama ini, warga yang terdampak retakan tanah tidak merasa nyaman karena dikhawatirkan menimbulkan terjadi longsoran maupun kondisi tanah amblas.

"Kami berharap kunjungan tim PVMBG dapat merekomendasikan upaya penanganan kebencanaan itu," imbuhnya.

Sejumlah warga Kecamatan Cimarga mengatakan warga yang terdampak retakan tanah menyambut positif jika harus direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Sebab, mereka tinggal di kawasan pergerakan tanah percuma jika membangun rumah kondisinya miring dan mengalami kerusakan.

"Kami bersedia untuk direlokasi ke tempat yang lebih aman dari ancaman bencana alam itu," kata seorang warga Desa Sudamanik Kabupaten Lebak, Ikah.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More