Selasa 12 Februari 2019, 07:00 WIB

Penyebab Bayi Rewel saat di Pesawat

MI | Humaniora
Penyebab Bayi Rewel saat di Pesawat

MI/Seno

 

PERBEDAAN anatomi telinga bayi dan orang dewasa menjadi penyebab telinga bayi sulit menerima tekanan saat pesawat terbang di ketinggian.

Itu yang membuat telinga bayi sulit menerima tekanan saat pesawat terbang di ketinggian sehingga dia menangis.

Hal tersebut karena tabung eustachius infantil pada bayi ­belum berfungsi. Tabung eustachius merupakan saluran yang menghubungkan telinga tengah ke nasofaring, yaitu tenggorok bagian atas dan bagian belakang rongga hidung.

Pada dasarnya, tabung ini yang mengontrol tekanan di dalam telinga tengah sehingga sama dengan tekanan udara di luar tubuh.

Ketika tekanan atmosfer berubah drastis, muncul perasaan telinga tersumbat selama penerbangan. Sebagian besar orang dewasa mengatasinya dengan menguap atau menelan sesu-atu untuk menyamakan tekanan di dalam telinga tengah.

“Ada cara untuk membantu menyamakan tekanan di dalam telinga bayi. Pada saat lepas landas atau mendarat, bayi bisa mengisap botol susu,” ujar Simon Baer, konsultan bedah telinga, hidung, dan tenggorok asal Inggris. (Livescience/Tes/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More