Senin 11 Februari 2019, 23:30 WIB

Rumania Depak Juara Bertahan

M Taufan SP Bustan | Olahraga
Rumania Depak Juara Bertahan

GRANT HALVERSON/AFP

TIM  Rumania menoreh-kan sejarah dengan melangkah untuk pertama kalinya ke babak semifinal Grup Dunia Piala Fed atau Fed Cup 2019.

Pada babak perempat final Piala Fed 2019 yang berlangsung di Ostrava, Ceko, 9-10 Februari lalu, tim Rumania dimotori petenis nomor tiga dunia, Simona Halep, berhasil membungkam juara bertahan Ceko dengan skor 3-2.  

Pada laga pembuka yang berlangsung Sabtu (9/2), petenis tuan rumah yang menempati rangking lima dunia, Karolina Pliskova, mengalahkan petenis Rumania Mihaela Buzarnescu dengan straight-set 6-1 dan  6-4. Namun, saat kedudukan 1-0 untuk tim juara bertahan, Rumania bangkit dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Poin kemenangan pertama tim Rumania disumbang pemain andalannya, Halep, yang mengalahkan Katerina Sinia-kova dengan skor 6-4 dan 6-0.

Pada laga hari kedua yang berlangsung Minggu (10/2), dua pemain andalan Rumania dan tuan rumah Ceko berhadapan.

Pada laga ketiga, Halep, pemegang gelar Prancis Terbuka 2018, berhasil mengalahkan  Pliskova yang menjadi semifinalis Australia Terbuka 2019, dengan rubber-set 6-4, 5-7, dan 6-4.   

Namun, saat kedudukan 2-1 untuk tim Rumania, petenis tuan rumah Katerina Sinia-kova menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah mengalahkan Mihaela Buzarnescu dengan skor 6-4 dan 6-2.   
 
Dengan posisi yang imbang, laga kelima pada nomor ganda putri menjadi laga penentu tim mana yang lolos ke babak semifinal Piala Fed 2019.     

Pasangan Rumania Irina-Camelia Begu/Monica Niculescu ternyata bermain luar biasa dan mampu memupuskan impian tim juara bertahan dengan mengalahkan pasangan tuan rumah Barbora Krejcikova/Kate­rina Siniakova dengan rubber-set 6-7 (2/7), 6-4, dan 6-4.

Dengan kekalahan itu, Ceko yang telah mengoleksi 11 gelar Piala Fed sekaligus juara bertahan 2018 harus tersingkir oleh tim Rumania. Sebaliknya, Rumania mencetak sejarah untuk pertama kalinya lolos ke babak empat besar.

“Saya bahagia dapat memenangi pertandingan dari lawan yang sangat kuat,” ucap Halep setelah menang pada laga kedua. “Ini ialah kemenangan terbaik dan terbesar saya dalam Piala Fed.”
 
Bertemu tim Prancis

Dengan mengalahkan juara bertahan, Rumania akan bertemu tim Prancis di babak semifinal yang berlangsung pada 20-21 April mendatang. Tim Prancis meraih tiket ke babak empat besar setelah mengalahkan tim pemegang juara 2011, Belgia, dengan skor 3-1.

Tim lain yang dipastikan mengikuti jejak Rumania ialah Belarus dan Australia. Pada babak perempat final, Belarus yang mengandalkan Aryna Sabalenka dan Aliaksandra Sasnovich, mengalahkan tim Jerman dengan skor telak 4-0.

Sementara itu, tim Australia dengan didukung dua petenis putri terbaiknya, Ashleigh Barty dan Priscilla Hon, mengalahkan tim pemegang 18 gelar Piala Fed, Amerika Serikat (AS), yang mengandalkan Danielle Collins dan Nicole Melichar dengan skor ketat 3-2. Tim Australia terakhir meraih gelar juara Piala Fed pada 1974. (TennisWTA/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More