Senin 11 Februari 2019, 21:40 WIB

Kehadiran Jokowi Meriahkan Pameran Lukisan Lintas Generasi

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Kehadiran Jokowi Meriahkan Pameran Lukisan Lintas Generasi

MI/PIUS ERLANGGA

 

CALON presiden nomor urut 01, Joko Widodo turut hadir dalam ajang Pameran Lukisan Lintas Generasi dan Lelang yang diselenggarakan TIm Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma;ruf Amin di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (11/2).

Dalam ajang itu, sejumlah pelukis ikut melelang lukisan karyanya untuk disumbangkan sebagai dana kampanye Jokowi-Amin dallam Pilpres 2019. Jokowi pun sempat melihat lukisan yang akan dilelang tersebut.

"Iya, saya ngomong apa adanya ya. ini penggalangan dana," kata Jokowi.

Jokowi mengakui kehadirannya pada ajang itu juga sebagai bentuk sosialisasi kepada para seniman terkait hal yang sudah dilakukannya sebagai presiden dan apa yang akan dilakukannya jika terpilih kembali dalam Pilpres 2019.

""Kita menyampaikan apa yang sudah kita kerjakan dan apa yang akan kita kerjakan. Saya kira itu saja," jelasnya.

Baca juga : TKN Redakan Ketegangan Politik

Terpisah, Sekretaris TKN Jokowi-Amin, Hasto Kristiyanto, yang didampingi Wakil Sekretaris TKN Dewi Soeharto dan sejumlah seniman, yakni Kartika Affandi, Heri Kris, dan Yoyo Surya, juga ikut meninjau pameran lukisan tersebut

Hasto berujar pameran Lukisan Lintas Generasi dan Lelang merupakan bentuk dukungan dari para seniman dan budayawan kepada pasangan capres 01 Jokowi-Amin. Mereka memberikan sumbangsih dengan melelang lukisan.

"Para budayawan kita membentuk tingkat keadaban kita sebagai bangsa, karena capaian kebudayaan sebuah bangsa itu sangat menentukan bagaimana tolak ukur kemajuan bangsa itu karena di situlah nilai-nilai kemanusiaan itu diekspresikan dengan bebas," ujar Hasto di lokasi pameran.

Dukungan yang digalang oleh para seniman, memang sudah terjadi sejak 2014. Saat itu, diselenggarakan di Museum Affandi di Yogyakarta dengan tema "2014 Kami Melukis Sebagai Bentuk Dukungan".

"Dan sekarang kembali para seniman, para budayawan berkumpul di mana mereka mencanangkan 2019 justru kami melukis sebagai bentuk sebuah dukungan kepada pimpinan Pak Jokowi," tutur Hasto.

Dukungan dari para seniman dan budayawan dinilai Hasto sangat penting karena menjadi titik temu ilmu pengetahuan, kekuasaan, para politisi dan juga kebudayaan. Sehingga membentuk kolaborasi yang dianggap positif.

"Diitampilkan 73 karya dan ini sekali lagi sebagai sebuah cermin tingkat peradaban kita tanpa kebudayaan suatu bangsa akan mati, tanpa kebudayaan politik bagaikan di padang gurun tanpa oase," ucap Hasto.

TKN mengapresiasi bentuk dukungan dari para seniman dan budayawan. Yang memiliki niatan menyumbang dana kampanye melalui karya mereka.

"Karena memang ini nanti akan dilelang dan ini bagian dari karya para seniman untuk mendukung Pak Jokowi dan seluruh penerimaan termasuk juga gotong royong dari dana malam nanti itu semua akan dilaporkan dalam rekening dana kampanye," imbuh Hasto.

Di sisi lain, pelukis Kartika Affandi mengaku senang dapat memberikan dukungan kepada pasangan Jokowi-Amin. Dukungan yang diberikan menunjukkan konsistensi para seniman, yang mendukung sejak Jokowi maju pada Pilpres 2014.

"Iya harusnya kita harus konsekuen dong, nyambung terus jangan putus di tengah jalan. Beliau (Jokowi) yang luar biasa, apalagi nanti melihat karya kami bagaimana kami mengungkapkannya," imbuh Kartika. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More