Varian Baru Xenia Lebih Andal dan Tangguh

Penulis: CRI QANON RIA DEWI Pada: Kamis, 07 Feb 2019, 10:05 WIB Otomotif
Varian Baru Xenia Lebih Andal dan Tangguh

MI/AGUS M
Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura (kiri) bersama Deputy Chief Executive Offi cer Supranoto melihat bagian Daihatsu Grand New Xenia kepada media saat diluncurkan di BSD, Tangerang

PT Astra-Daihatsu Motor (ADM) pada 15 Januari lalu menghadirkan Grand New Xenia dengan menambah varian baru mesin 1.500 cc, selain 1.300 cc. Tahun lalu, Xenia sudah meninggalkan varian 1.000 cc. Sebanyak 14 jurnalis, termasuk Media Indonesia berkesempatan melakukan test drive dengan rute Jakarta-Geo Park, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, mengendarai Grand New Xenia varian 1.5 R Deluxe MT dan 1.5 R Deluxe AT pada 29-30 Januari.

Perjalanan yang bervariasi melalui tol dan jalan berbukit dengan kemiringan antara 30 derajat hingga 45 derajat menjadi ajang pembuktian keandalan Grand New Xenia varian tertinggi tersebut. Ketika melalui Tol Jagorawi dan Bocimi (Sukabumi), Grand New Xenia varian 1.5 R Deluxe AT tampak stabil menapaki aspal dengan kecepatan hingga 130 km/jam. Suara mesin dan lalu lintas di luar kendaraan nyaris tidak berisik. Hal itu terjadi lantaran varian baru tersebut dilengkapi dengan mesin yang lebih besar, yaitu 2NR-VE DOHC Dual VVT-i, yang juga digunakan Toyota Avanza Veloz, saudara kembarnya. Keduanya diproduksi di pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat.

Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengutarakan kenyamanan pada Xenia varian baru tidak hanya pada tampilan, tetapi juga pada tingkat kenyamanan. Itu lantaran pihaknya memperbarui sejumlah komponen dan fi tur keselamatan. “Suspensi diperbarui, peredam ditambah, kestabilan, lebih kedap. Juga ada keunggulan dari faktor safety seperti fitur keselamatan yang lebih tinggi seperti anti-lock brake system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD),” ujar Hendrayadi. Bahkan, ketika melalui jalanan dengan kemiringan 30 derajat hingga 45 derajat, Grand New Xenia bertenaga dengan memindahkan persneling ke D2 dan D1.

Kenyamanan di kabin terasa dengan fitur tambahan yang dimiliki Xenia terbaru dengan hadirnya dua sentuhan warna dan desain center cluster dengan sentuhan black piano, juga dipadukan teknologi kekinian digital AC. Terasa sekali kesan mewah dari tombol pendingin ruangan kabin itu. Pengemudi juga mudah menggunakannya. Pada sisi audio, Grand New Xenia menawarkan 2-DIN touchscreen audio di semua varian.

Pada beberapa varian, audio sudah didukung teknologi konektivitas yang dapat menghubungkan audio dengan smartphone penghuni kabin. Ketika memasuki jalan berliku Sekabumi-Pelabuhan Ratu-Geopark Ciletuh, Grand New Xenia juga tidak menghadapi kendala berarti. Kendaraan ini mampu menembus tanjakan cukup ekstrem di Puncak Darma dan Puncak Aher, yang tertinggi di perbukitan Geopark Ciletuh. Dua kawasan itu memiliki pemandangan indah dengan hamparan sawah dan laut di Teluk Ciletuh. Hal itu karena kendaraan yang dibekali mesin 1.500 cc Xenia memiliki tenaga maksimum 104x6000 PS/ RPM dengan kekuatan torsi maksimum 13,9/4.200 kg.m/RPM.
 

Animo tinggi
Sejak diluncurkan Grand New Xenia mendapat tanggapan positif. Terutama pada Grand Xenia varian 1.500 cc. Informasi yang beredar di kalangan jurnalis, total pemesanan kendaraan hingga akhir Januari 2019 melebihi rata-rata penjualan bulanan Xenia model sebelumnya. Hendrayadi menyatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan merilis angka penjualan ke publik. Ia mengaku optimistis target 3.000 unit per bulan terlampaui pada akhir Februari 2019. Sebelumnya, varian 1.500 cc diperkirakan hanya terjual 10% dari total jualan Xenia. Namun, ternyata penjualannya bisa lebih dari perkiraan.

“Angka 10% ini hanya periode launching. Nanti kita lihat responsnya, kalau bagus akan kita tambah. Total target penjualan Xenia terbaru rata-rata 3.000 unit, atau naik dari rata-rata sebelumnya sekitar 2.500 unit. Jadi yang 1.500 cc kami targetkan sekitar 300 unit, memang tidak terlalu besar,” papar dia.

Diakui, animo masyarakat tinggi karena harga Xenia tidak naik dari model sebelumnya. Padahal, seharusnya dengan desain baru tentu ada biaya pengembangan. Belum lagi, setiap Januari, tanpa ada perubahan desain pun, pasti harga otomotif naik, karena ada perubahan harga bea balik nama (BBN) yang dikeluarkan pemerintah. Xenia terbaru yang hadir dengan 10 varian, dijual dengan harga terendah Rp183,35 juta dan tertinggi Rp228,95 juta. Harga varian tertinggi Grand New Xenia lebih murah sekitar Rp10 juta dari Avanza Veloz..(S-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More