Teknik Menyalip Menggunakan Mobil Matic

Penulis: M. Bagus Rachmanto Pada: Selasa, 05 Feb 2019, 02:00 WIB Otomotif
Teknik Menyalip Menggunakan Mobil Matic

Ilustrasi

MENGENDARAI mobil dengan transmisi otomatis atau matik memang lebih mudah ketimbang mobil transmisi manual, karena pengemudi tak perlu lagi menekan pedal kopling dan memindahkan tuas transmisi. Namun ada trik khusus yang perlu diterapkan pada pengoperasian mobil matik agar berkendara menjadi lebih aman, khususnya ketika kondisi menyalip dan di jalan menanjak.
 
Pada saat ingin menyalip dibutuhkan kecepatan yang lebih tinggi dari kendaraan yang berada di depan. Untuk pengguna mobil matic triknya, adalah jangan ragu untuk menginjak penuh pedal gas atau disebut dengan 'Kick down'. Tujuannya membuat transmisi secara otomatis untuk berpindah kepada gigi yang lebih rendah, sehingga mendapat akselerasi untuk mendapat dorongan tenaga menyalip kendaraan yang berada didepan.

Setelah berhasil menyalip, Anda bisa kendurkan tekanan pada pedal gas agara secara otomatis transmisi berpindah gigi ke tingkat yang lebih tinggi. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya dorongan kecil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

"Jangan ragu untuk menekan pedal gas kalau mau nyalip pakai mobil matik. Istilahnya 'bejek' gas untuk mendapat kicdown, kaau di mobil manual kita oper ke gigi rendah dulu," terang Fahmi, pebengkel Fahmi Jaya Motor yang hobi  di dunia otomotif, saat berbincang dengan Medcom, di Bekasi, beberapa waktu lalu.

Tapi menurut Fahmi ada hal yang musti diantisipasi dengan cara kickdown, terkadang transmisi tidak berpindah ke gigi yang lebih rendah, yang membuat tenaga boyo ketika hendak menyalip. "Biasanya hentakan kickdown akan terasa, dibutuhkan pula filing berkendara."
 
Cara antisipasinya adalah dengan memindahkan tuas perseneling dari posisi D ke posisi 3 atau 2, atau bisa juga dengan mematikan overdrive. "Fungsi overdrive dalam posisi off untuk menurunkan posisi gigi agar meningkatkan putaran mesin sehingga torsi juga meningkat."

Cara diatas untuk mendapatkan akselerasi dalam menyalip, kita dapat mengoperasikan tuas transmisi secara manual. Karena meskipun telah menginjak penuh pedal gas (Kick down), terkadang transmisi tidak berpindah ke gigi yang lebih rendah.
 
Cara manual yang dapat kita lakukan adalah dengan memindahkan tuas dari posisi D ke posisi 3 atau 2, atau dengan mematikan overdrive (ditandai dengan menyalanya indikator “O/D OFF”). Besarnya tekanan pada pedal gas, disesuaikan dengan seberapa cepat akselerasi yang diinginkan. Sehingga tidak harus menekan penuh pedal gas.  (Medcom/OL-9)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More