Jumat 25 Januari 2019, 15:30 WIB

Tak Ada Lonjakan Kasus DBD di DIY yang sebabkan KLB

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Tak Ada Lonjakan Kasus DBD di DIY yang sebabkan KLB

Ilustrasi -- MI/ BARY FATHAHILAH
Petugas melakukan penyemprotan fogging di perumahan warga kawasan Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Senin (21/1).

 

TIDAK seperti di daerah lain, kasus demam berdarah dengue (DBD) di DIY tidak mengalami lonjakan. DIY pun tidak menetapkan status KLB.

"Tidak ada lonjakan (kasus DBD) yang sebabkan KLB," kata Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setyaningastutie, Kamis (24/1) siang.

Ia menjelaskan, laporan Kasus DBD di D.I.Yogyakarta sampai 22 Januari 2019 pukul 11.00 total ada 79 kasus dengan jumlah pasien yang meninggal dunia 0.

"Kota Yogya ada 8 kasus; 0 meninggal, Kabupaten Bantul ada 19 kasus; 0 meninggal, Kabupaten Kulonprogo ada 8 kasus; 0 meninggal dunia, Kabupaten Gunungkidul ada 18 kasus; 0 meninggal dunia, dan Kabupaten Sleman ada 26 kasus; 0 meninggal dunia," pungkas Pembajun.

Baca juga: Kasus DBD Meningkat Tajam Sepanjang Januari 2019

Untuk mengantisipasi DBD, masyarakat diimbau senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu, pemberantasan sarang nyamuk juga harus dilakukan dengan 3M, yaitu menguras, menutup, dan mengubur tempat penampungan air. (OL-3)

Baca Juga

ANTARA

Jatim Uji Coba KBM Tatap Muka Pada 18 Agustus

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:21 WIB
Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan pembelajaran tatap muka. Diantaranya harus mendapat persetujuan dari gugus...
ANTARA/Umarul Faruq

Jatim Masukkan Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan Dalam Perda

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 01:06 WIB
Perubahan Perda tersebut akan menjadi payung hukum bagi peraturan bupati dan wali kota dalam rangka penyelenggaraan ketentraman dan...
ANTARA

Antisipasi Karhutla, TN Matalawa Bangun 12 Posko

👤Palce Amalo 🕔Jumat 07 Agustus 2020, 00:54 WIB
Posko-posko tersebut dibangun di desa-desa yang mengelilingi taman nasional yang meliputi tiga wilayah kabupaten yakni Sumba Timur,...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya