Jumat 25 Januari 2019, 07:30 WIB

BTP Tetap Jadi Magnet Warga

BTP Tetap Jadi Magnet Warga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

 

BASUKI Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok meninggalkan ruang tahanan Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, kemarin pagi. Mantan Gubermur DKI itu keluar tanpa sepengetahuan awak media.

"Bapak Basuki Tjahaja Purnama (BTP) sudah keluar dari Mako Brimob Kelapa Dua kurang lebih pukul 07.30 WIB," kata kader PDIP Ima Mahdiah saat dihubungi, kemarin.

Ima mengatakan BTP dijemput putra sulungnya, Nicholas Sean, dan perwakilan tim BTP. Tidak diketahui mobil yang digunakan BTP saat keluar dari Mako Brimob. Dia dikabarkan langsung menuju Pluit, Jakarta Utara. "Langsung menuju kediaman," kata Ima.

Mantan Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan istrinya, Happy Jarot, mengunjungi BTP setelah bebas. Dalam Instagram yang diunggah Happy, ada foto BTP sedang makan saat duduk bersebelahan dengan Djarot. Di foto lain, tampak para tamu berkumpul di sebuah sudut rumah, di antaranya Bripda Puput Nastiti Devi, yang disebut sebagai calon istri BTP.

Sementara itu, ratusan pendukung BTP memenuhi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Utara, kemarin sore. Mereka menggelar syukuran atas bebasnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
I

nisiator acara, Peter F Momor, mengungkapkan Kalijodo dipilih sebagai lokasi acara karena tempat tersebut sangat ikonis dengan BTP.

Bebasnya BTP juga menjadi perbincangan warganet. Beberapa tagar atau ungkapan beredar luas di media sosial, seperti #WelcomeBackBTP, #AhokBebas, #BTPpulang, #Pak BTP, dan #Pak Ahok.

Warganet pun banyak yang meng-ungkapkan penghormatan dan ucapan harapan terhadap BTP. Hari kebebasan BTP itu juga mendapat perhatian luas media massa internasional.

Media Australia, Sydney Morning Herald, menulis bahwa bebasnya Ahok ialah 'pengingat' akan undang-undang penistaan agama yang sudah 'digunakan sebagai senjata' di Indonesia.

Lalu The New York Times menyebut, setelah bebas dari penjara, BTP akan berdoa di makam ayahnya dan melakukan perjalanan ke luar negeri untuk menghindari keramaian politik Indonesia. (Ins/KG/Ssr/X-10)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More