Kamis 24 Januari 2019, 21:15 WIB

Angin Kencang Terjang Jember, Sejumlah Pohon Tumbang

Antara | Nusantara
Angin Kencang Terjang Jember, Sejumlah Pohon Tumbang

MI/Djoko Sardjono

 

SEJUMLAH pohon tumbang di beberapa lokasi akibat angin kencang disertai hujan deras yang mengguyur di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (24/1) sore.

"Hingga kini tercatat ada lima lokasi pohon tumbang yang menyebabkan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan menjadi macet total karena pohon yang tumbang melintang ke jalan sehingga jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, Heru Widagdo, di Jember.

Berdasarkan data BPBD Jember, pohon tumbang terjadi di Desa Pakusari-Kecamatan Pakusari, Jalan Sumatera, di Kelurahan/Kecamatan Sumbersari, akses jalan menuju wisata Rembangan yang berada di Desa Kemuninglor-Kecamatan Arjasa, Jalan Dharmawangsa di depan pintu masuk Terminal Tawangalun di Desa Rambigundam-Kecamatan Rambipuji, dan Jalan Mastrip di Kelurahan/Kecamatan Sumbersari.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian pohon tumbang yang disebabkan angin kencang itu dan sebagian besar tumbangnya pohon menyebabkan akses jalan lumpuh karena arus lalu lintas terganggu," katanya.


Baca juga: Pohon Tumbang akibatkan Seorang Warga Tewas di Denpasar


Ia menjelaskan pohon tumbang di Jalan Mastrip menyebabkan rumah warga bernama Suyanto mengalami kerusakan karena tertimpa pohon dan arus lalu lintas di kawasan tersebut juga terganggu, sehingga tidak bisa dilewati kendaraan.

"Setelah mendapat informasi pohon tumbang, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD langsung menuju lokasi untuk memotong pohon yang melintang di jalan dengan dibantu personel TNI, Polri, dan masyarakat, sehingga ruas jalan tersebut bisa dilalui kendaraan," ujarnya.

Heru mengatakan kendala yang dihadapi petugas BPBD Jember karena kurangnya armada untuk memobilisasi personel saat terjadinya bencana alam, sehingga proses penanganan tidak bisa cepat karena lokasi pohon tumbang tersebar di beberapa titik di Jember.

"Saya imbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya karena BMKG Juanda memberikan peringatan dini terkait dengan hujan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang diprediksi terjadi di beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur hingga Sabtu (26/1)," katanya. (OL-1)

 

Baca Juga

Mi/Tosiani

Pasar di Temanggung Sepi karena Covid-19

👤Tosiani 🕔Senin 06 April 2020, 09:03 WIB
Saat ini, puasa tinggal sekitar 19 hari lagi dalam hitungannya. Namun, karena terdampak pandemi covid-19, kondisi pasar sepi. Nyaris tidak...
MI/Palce Amalo

ODP Covid-19 di NTT 684 Orang, 13 Dirawat

👤Palce Amalo 🕔Senin 06 April 2020, 08:44 WIB
Saat ini, arus penumpang ke NTT terus bertambah terutama melalui pelabuhan...
MI/Furqon Ulya Himawan

PAD Yogyakarta Diprediksi Turun 50% Akibat Covid-19

👤Agus Utantoro 🕔Senin 06 April 2020, 08:02 WIB
"Pajak hotel, pajak restoran, maupun retribusi lainnya akan mengalami penurunan yang cukup...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya