Kamis 24 Januari 2019, 13:50 WIB

Air Sungai Cipunagara Meluap, Rumah Warga Mulai terendam

Reza Sunarya | Nusantara
Air Sungai Cipunagara Meluap, Rumah Warga Mulai terendam

MI/Reza Sunarya

 

ANAK sungai Cipunagara meluap, rumah warga di sekitar bantaran sungai tersebut mulai terendam banjir dengan ketinggian mencapai selutut orang dewasa atau sekitar 30 centimeter. Belum ada penanganan dari pihak Pemerintah Daerah setempat. 

Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kecamatan Pamanukan Kabupaten Subang, Jawa Barat menyebabkan sejumlah sungai mulai tak mampu menampung air. Salah satunya anak sungai Cipunagara mulai meluap. 

Meluapnya sungai Cigadung menyebabkan ratusan rumah di sepanjang aliran sungai tersebut mulai terendam banjir dengan ketinggian selutut orang dewasa. Banjir juga diperburuk dengan tumpukan sampah di sungai. 

Minah, 60, seorang warga yang tinggal di Dusun Dukuh tetap bertahan di rumahnya yang sudah tergenang banjir. Minah memilih bertahan karena tidak ada tempat untuk mengungsi. 

"Tidak ada tempat lagi terpaksa rumah yang sudah terendam tetap ditempati," kata Minah, Kamis (24/1).

 

Baca juga: Siklon Tropis Australia Turut Jadi Penyebab Banjir Sulawesi

 

Menurut warga, banjir yang kerap terjadi setiap tahun saat musim penghujan ini, disebabkan sungai Cigadung yang merupakan anak sungai Cipunaga sudah mengalami pendangkalan. Menurut warga hingga saat ini belum ada upaya penangan dari Pemda setempat. 

"Belum ada penganan padahal Kabupaten subang sudah beberapa kali ganti bupati," ungkap Darmin salah seorang tokoh masyarakat setempat. 

Kini warga memerlukan bantuan mulai dari kebutuh pokok hingga sarana air bersih. Sumber air seperti sumur airnya tidak bisa digunakan untuk minum karena sudah tercampur dengan air sungai yang kotor. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More