Tahun Ini, Pemerintah Targetkan Sertifikasi 243 Ribu Bidang Tanah di Jakarta

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Rabu, 23 Jan 2019, 13:00 WIB Megapolitan
Tahun Ini, Pemerintah Targetkan Sertifikasi 243 Ribu Bidang Tanah di Jakarta

ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

KEMENTERIAN Agraria dan Tata Ruang (ATR) menargetkan merampungkan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) terhadap 243 ribu bidang tanah di Jakarta yang masih belum tersertifikasi pada tahun ini.

Untuk merealisasi target tersebut, Kementerian ATR menggandeng Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BON) Provinsi DKI Jakarta guna mempercepat proses pendataan dan pendaftaran.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah membuka 13 Kantor PTSL di ibu kota yang seluruhnya beroperasi 24 jam.

"Upaya ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat Jakarta yang sibuk pada siang hari dan hanya bisa mengurus pada malam hari," ujar Sofyan Djalil melalui keterangan resmi, Rabu (23/1).

Adapun, Selasa (22/1), Kementerian ATR, baru saja menyerahkan 226 sertifikat tanah hasil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kantor Kelurahan Pejagalan, Jakarta Utara, Jakarta.

Baca juga: Tak Kunjung Dapat Sertifikat, Warga Sentul City Mengadu ke Ombudsman

Sertifikat tanah diserahkan langsung Menteri ATR Sofyan Djalil kepada sepuluh orang perwakilan masyarakat Kota Administrasi Jakarta Utara.

“Saya ucapkan selamat bagi warga yang sudah menerima sertifikat tanah, diharapkan tahun ini seluruh tanah di Jakarta akan selesai disertifikatkan, kecuali bagi tanah yang masih sengketa, maka selesaikan terlebih dahulu sengketanya, atau yang masih bermasalah maka belum bisa diterbitkan,” ucapnya.

Menilik kondisi Jakarta saat ini, Sofyan menyebut banyak masyarakat memiliki surat atau sertifikat tetapi tidak memiliki tanah. Hal itu terjadi karena pemilik tanah tidak merawat dan menjaga sehingga tanah tersebut diklaim banyak pihak.

"Sekarang tinggal masyarakat yang berkewajiban memasang tanda batas pada tanah dan menyiapkan surat-surat demi kelancaran pendaftaran," tandasnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More