Sejak Pagi hingga Malam, Sumba Barat Diguncang 38 Kali Gempa

Penulis: Palce Amalo Pada: Selasa, 22 Jan 2019, 22:20 WIB Nusantara
Sejak Pagi hingga Malam, Sumba Barat Diguncang 38 Kali Gempa

MI/Susanto

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa yang mengguncang Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (22/1) pagi, sampai pukul 22.10 Wita sudah mencapai 38 kali.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Waingapu, Sumba Timur, Arief Tyastama, mengatakan, gempa pada pukul 22.10 Wita dengan magnitudo 3,3, pada koordinat 10.29 lintang selatan dan 118.97 bujur timur berkedalaman 10 kilometer.

"Informasi dari Badan Penanggulangan Bendana Daerah Sumba Barat dan Sumba Barat Daya serta Komandan Kodim Sumba Barat, dampak terhadap gempa terhadap personel maupun materil nihil," kata Arief saat dihubungi Media Indonesia di Sumba Timur.

Berdasarkan catatan BMKG, dari 38 gempa tersebut, tiga guncangan gempa di antaranya dirasakan kuat yakni gempa dengan magnitudo 6,2 pada pukul 7.59 Wita, kemudian gempa pada pukul 08.56 Wita dengan magnitudo 5,2, dan gempa magnitudo 6,7 pukul 13.10 Wita.


Baca juga: Gempa 6,7 SR di Laut Sumba Dirasakan sampai Denpasar


Sesuai laporan BMKG, gempa pertama pada pukul 07.59 Wita tersebut pada koordinat 10.52 lintang selatan dan 119.05 bujur timur, sekitar 103 kilometer barat daya Sumba Barat, berkedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa dirasakan III MMI di Waingapu, ibu kota Kabupaten sumba Timur, dan IV-V MMI di Tambolaka, Sumba Barat Daya.

Sedangkan, gempa pada pukul 12.10 Wita berkedalaman 15 kilometer pada koordinat 10,59 lintang selatan dan 119 bujur timur, sekitar 114 kilometer barat daya Kota Waikabubak, ibu kota Sumba Barat Guncangan gempa dirasakan II-III MMI di Denpasar, III-IV di Sumbawa, III MMI di Mataram, II-III MMI di Lombok Utara dan barat, dan III-IV MMI di Bima, sedangkan di Waingapu, guncangan gempa dirasakan antara IV MMI.

Masyarakat dihimbau tetap tenang, serta tidak terpengaruh oleh isu-isu tentang gempa yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta tetap mengakses informasi gempa melalui laman BMKG. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More