Ada Gen Guardiola di Skuat Garuda Muda

Penulis: (Goal/Mln/R-2) Pada: Rabu, 23 Jan 2019, 06:40 WIB Sepak Bola
Ada Gen Guardiola di Skuat Garuda Muda

ANTARA FOTO/Dede Rizky Permana/

ADA yang berbeda dalam gaya permainan tim nasional U-22 saat ini. Dulu para pemain bertahan diminta disiplin dalam menjaga pertahanan, tetapi kali ini mereka diminta untuk bisa ikut membantu serangan.

Bahkan kiper pun tidak lagi sekadar menjaga gawang, tetapi juga dituntut untuk bisa menjadi titik awal pembuka serangan.

Asisten pelatih timnas Indonesia U-22 Nova Arianto tidak memungkiri bahwa dalam sepak bola modern saat ini, semua pemain harus fleksibel meski tetap disiplin pada tugas sebenarnya.

Menurut Nova, para pemain belakang yang dipanggil untuk pemusatan latihan terus menunjukkan kemajuan. Ia menyebut mereka tak hanya pandai bertahan, tetapi juga sudah bisa ikut membantu serangan.

"Saat ini pemain bertahan cukup baik untuk melakukan membangun serangan dari belakang. Namun, kami belum fokus ke sana, saya mau benahi pertahanan," kata Nova seusai latihan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, kemarin.

"Konsen saya memang sejak pekan pertama, tidak hanya fokus di empat defending, tapi di gelandang bertahan juga. Apa pun yang saya punya saya akan berikan. Semoga berguna untuk pemain," lanjut dia.

Gaya permainan timnas saat ini memang mengingatkan pada filosofi yang diusung arsitek Manchester City, Pep Guardiola. Mantan arsitek Barcelona dan Bayern Muenchen itu dikenal sebagai pelaih yang menyukai tipe kiper yang aktif dalam membantu serangan.

Kiper timnas U-22, Satria Tama, pun tidak memungkiri bahwa dirinya memetik banyak pelajaran selama berlatih di bawah komando Indra Sjafri. Menurut pilar Madura United tersebut, Indra menginginkan kiper yang tak hanya bagus mengamankan gawangnya dari kebobolan, tetapi juga diminta membangun serangan.

"Saya belajar filosofi dari coach Indra, yaitu sepak bola modern, kiper dituntut juga menjadi defender yang harus bisa membagi bola dari bawah. Intinya kita harus belajar tentang sepak bola modern."

Untuk sementara, Nova memegang kendali latihan timnas karena Indra Sjafri sedang mengikuti kursus lisensi kepelatihan Pro AFC.

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More