Arab Terdepak Pizzi Undur Diri

Penulis: AFP/Goal/Mln/R-2) Pada: Rabu, 23 Jan 2019, 06:20 WIB Sepak Bola
Arab Terdepak Pizzi Undur Diri

(Photo by Khaled DESOUKI / AFP)

SATU lagi pelatih menjadi korban di ajang Piala Asia 2019. Kali ini korban tersebut ialah arsitek Arab Saudi, Juan Antonio Pizzi.

Namun, berbeda dengan sejawatnya yang dipecat, Pizzi memilih mengundurkan diri dari jabatannya. Pizzi meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Arab Saudi setelah gagal membawa the Green Falcons lolos dari babak 16 besar.

"Saya senang dan berterima kasih kepada para pemain. Mereka melakukan apa yang saya perintahkan. Tentu kami melakukan kesalahan, tapi kami akan belajar dari itu," ungkap Pizzi.

"Tugas saya bersama tim nasional sudah berakhir, tidak ada satu pun yang berbicara pada saya soal memperbarui kontrak saya."

The Green Falcons gagal melaju ke babak selanjutnya setelah dihentikan Jepang 0-1 di Sharjah Stadium, Senin (21/1). Ironis memang. Pasalnya, mereka menjadi salah satu tim unggulan di turnamen tersebut.

Itu sebabnya, hanya berselang beberapa jam setelah pertandingan, juru taktik berusia 50 tahun itu pun langsung meletakkan jabatannya dan menyatakan tidak mau melanjutkan kontraknya. Meski begitu, ia mengaku belum punya rencana dalam waktu dekat ini. "Saya masih belum tahu apa pun tentang tantangan saya selanjutnya," cetus arsitek asal Argentina itu.

Mantan pelatih Valencia dan timnas Cile tersebut diangkat sebagai pelatih Arab Saudi sejak 2017. Ia mendampingi Arab Saudi di Piala Konfederasi meski gagal menembus Piala Dunia 2018.

Sementara itu, Uni Emirat Arab sukses melaju ke perdelapan final setelah menyudahi perlawanan Kirgizstan 3-2, kemarin. Meski begitu, tiket tersebut tidak didapat UEA dengan mudah.

Tuan rumah bahkan membutuhkan perpanjangan waktu untuk memaksa pulang tim pecahan Uni Soviet tersebut. Ahmed Khalil-lah yang menjadi pahlawan UEA lewat tendangan penaltinya pada extra time. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 2-2 sepanjang waktu normal.

UEA sebetulnya mengawali laga dengan baik. Terbukti mereka unggul lebih dulu lewat gol Khamis Esmail di menit ke-14. Namun, keunggulan ini tidak bertahan lama. Murzaev membalasnya setelah memaksimalkan sodoran matang Israilov di menit ke-26.

Di babak kedua, tuan rumah kembali memimpin lewat gol Ali Ahmed Mabkhout (64'). Namun, Kirgizstan lagi-lagi tidak mau memberikan tiket dengan cuma-cuma. Mereka menjawab gol itu lewat tendangan Rustamov pada injury time.

Pertandingan pun harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Pada menit ke-103, UEA mendapat hadiah penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Khalil.

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More