Kepri Jaya Siap Uji Macan Kemayoran

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Rabu, 23 Jan 2019, 06:00 WIB Sepak Bola
Kepri Jaya Siap Uji Macan Kemayoran

AGUS MULYAWAN /MI

KESUKSESAN Persija Jakarta menjuarai kompetisi Liga 1 2018 ternyata membawa perubahan besar-besaran di tubuh tim asal Ibu Kota tersebut. Diawali dengan hengkangnya sejumlah pemain andalan tim berjuluk 'Macan Kemayoran' itu, seperti Rohit Chand dan bek tengah Jaimerson da Silva, menyusul kemudian sang arsitek Stefano Cugurra yang memilih tantangan baru di Bali United.

Alhasil manajemen klub itu harus bergerak cepat. Mereka menunjuk pelatih asal Bulgaria Ivan Kolev sebagai suksesor Stefano Cugurra. Selain itu, mereka juga berupaya menambal kekurangan dengan membeli pemain baru.

Sejumlah perubahan drastis itu pun menimbulkan pertanyaan besar soal konsistensi Persija di tahun yang baru. Pembuktian pertamanya ialah laga leg pertama babak 32 besar Piala Indonesia melawan 757 Kepri Jaya di Bekasi, hari ini.

Kolev yang ditanya terkait dengan progres timnya menyebut bahwa Ismed Sofyan dkk sudah dalam kondisi siap tempur. Eks pelatih timnas Indonesia itu juga menargetkan kemenangan. Terlebih laga ini menjadi pertandingan debut Kolev di partai resmi setelah kembali menukangi Persija tahun ini.

"Kita ada dua gim melawan tim yang sama dengan satu target. Kita mau lolos. Saya baru satu minggu di sini, tapi saya puas dengan apa yang ditunjukkan pemain. Saya harap besok mereka bisa 100% di lapangan," kata Kolev.

Lebih lanjut, Kolev menjelaskan dua laga melawan Kepri Jaya juga dijadikan periodisasi persiapan untuk beraksi di Liga Champions Asia. Persija Jakarta dijadwalkan menyambangi markas Home United pada fase pertama babak penyisihan pada awal Februari mendatang. "Tentu saja ingin menggunakan laga ini sebagai persiapan kita di Liga Champions Asia. Tentu saja kita akan main serius besok."

Sementara itu, pelatih 757 Kepri Jaya Regi Aditya ingin agar anak asuhnya kembali menciptakan kejutan di Piala Indonesia. Sebelumnya, tim yang bermarkas di Batam itu sukses menciptakan kejutan dengan menyingkirkan tim Liga 1 2018 PSMS Medan di babak sebelumnya. 757 Kepri Jaya menang dengan agregat 3-2. "Kami hargai calon lawa kami, tapi kami datang bukan hanya untuk memenuhi tanggung jawab kami bertanding di Piala Indonesia. Kami telah mempersiapkan diri dengan matang," kata Regi.

Status tim nonunggulan menjadikan Kepri Jaya akan bermain tanpa beban. Namun, hasil seri di Bekasi menjadi hasil realistis yang mungkin dapat ditorehkan.

Merapat ke Madura

Tidak mau kalah, Madura United juga terus melakukan penguatan untuk menyambut musim 2019. Setelah merekrut top scorer Liga 1/2018, Aleksandar Rakic, 'Laskar Sape Kerap' kali ini mendatangkan mantan bomber Sriwijaya FC, Alberto Goncalves. Kedatangan striker naturalisasi tersebut sekaligus menutup bursa transfer pemain Madura United di bulan ini.

Manajer Madura United, Haruna Soemitro, mengatakan, alasan mendatangkan Alberto Goncalves karena merupakan striker tangguh dan memiliki segudang pengalaman. Kehadiran Beto diharapkan mampu mengatasi persoalan yang dialami Madura United pada musim lalu, yang dianggap seret gol meski lini depan mereka diisi dengan pemain impor, seperti Beto de Paula dan Mamadou Samassa. "Beto memang salah satu pemain yang kita incar, khusus dalam memperkuat lini depan Madura United, kita tahu bahwa Madura dengan skuat kemarin begitu kuat, tetapi produktivitas golnya cukup memprihatinkan," kata Haruna. (MG/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More