Selasa 22 Januari 2019, 21:47 WIB

Penyelamatan Terhambat, Gigi 'Bikini Hiker' Wu Tewas Membeku

Irana Shalindra | Weekend
Penyelamatan Terhambat, Gigi

Ist

Seorang pegiat luar ruang asal Taiwan yang populer karena kebiasaannya mengunggah foto diri berbikini di puncak gunung tewas setelah jatuh ke jurang dalam suatu trekking solo.

Gigi Wu, nama pegiat tersebut, sebenarnya berhasil mengontak teman-temannya dan mengirimi mereka titik koordinat lokasi ia jatuh. Akan tetapi, cuaca buruk membuat operasi penyelamatan terhambat. Perempuan berusia 36 tahun itu telah meninggal saat ditemukan tim penyelamat, diduga akibat hipotermia.

Wu tengah melakukan solo trekking selama beberapa hari di Taman Nasional Yushan, rumah bagi puncak tertinggi Taiwan yang mencapai hampir 4.000 meter di atas permukaan laut.

Pada Minggu (20/1), ia menghubungi tim SAR setempat setelah jatuh dari ketinggian sekitar 20-30 meter. Akibat insiden itu, ia mengatakan tidak dapat menggerakkan tubuh bagian bawahnya.

Akan tetapi, cuaca buruk menggagalkan pencarian oleh helikopter penyelamat hingga tiga kali. Regu penyelamat akhirnya berjalan kaki untuk menuju lokasi Wu. Mereka bahkan nyaris tidak tidur lantaran harus berkejaran dengan waktu dan kondisi cuaca.

Sayangnya, mereka terlambat. Wu ditemukan pada Senin (21/1) siang, dalam keadaan tak bernyawa, setelah suhu sempat berada di sekitar titik beku pada malam sebelumnya.

Wu terakhir mengunggah foto dirinya di puncak gunung dengan latar belakang awan pada 18 Januari. Sebelumnya, pada 24 Desember, ia mengunggah foto kakinya yang memar dan menulis bahwa ia tergelincir dari jalan setapak dan cederanya membuat ia berisiko lebih mudah jatuh lagi.

Semasa hidupnya, Wu mengaku telah mendaki lebih dari 100 puncak gunung. Soal pose-posenya berbikini di puncak gunung, ia mengatakan ide itu bermula dari pengalaman Wu saat kalah taruhan dengan seorang teman.

Terlepas dari pro-kontra mengenai bikininya, Wu ialah pendaki yang cukup berpengalaman dan melengkapi dirinya dengan baik. Terbukti ia membawa telepon satelit yang dipakainya untuk menghubungi regu penyelamat.

Kepergian Wu menimbulkan duka dan simpati di antara para pengikutnya di media sosial Facebook. Banyak yang menyampaikan ucapan dukacita sekaligus terima kasih karena Wu telah menjadi inspirasi bagi komunitas pendaki.

Seorang penggemar, Michelle Tang, menulis di Facebook: "G kecil yang cantik dan berani ... terima kasih telah membiarkan semua orang melihat foto pemandangan indah Anda." (BBC/M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More