Orderan Sabun Cuci Piring

Penulis: (Kristiadi/N-2) Pada: Selasa, 22 Jan 2019, 23:30 WIB Nusantara
Orderan Sabun Cuci Piring

MI/Kristiadi/AD

ELI Liawati, 37, warga Kampung Cibitung RT 7 RW 1, Desa Padahurip, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tidak menduga menjadi pemenang tender sabun cuci piring senilai Rp2 miliar dari Presiden Joko Widodo.

Dengan memenangi tender senilai Rp2 miliar ini, Eli harus menyediakan 100 ribu botol sabun cuci piring. Ia pun sekarang kebingungan harus memproduksi sabun cuci sebanyak itu.

“Saya baru memulai memproduksi sabun cuci piring dua bulan ini. Selama ini saya melakukan bersama Kelompok Usaha Bersama (Kube) Padawangi. Ya, ini saya terus memikirkan pesanan sebanyak itu. Kami akan memenuhi pesanan untuk Presiden sebanyak 100 ribu botol,” janji Eli saat ditemui Media Indonesia, Senin (21/1).

Sebelumnya, staf Presiden telah datang ke rumahnya dengan memberikan tambahan modal sebesar Rp90 juta. Presiden menambahi modal sebanyak Rp10 juta saat berkunjung ke Garut dalam acara Program Keluarga Harapan Garut. Meski demikian, Eli bertekad untuk tetap memproduksi 100 ribu botol sabun cuci piring. “Staf Presiden berpesan agar tidak terbebani target, yang paling penting usaha yang dilakukan selama ini terus berjalan,” jelasnya.

Untuk satu botol sabun cuci piring modalnya Rp10 ribu. Maka, 100 ribu botol itu membutuhkan uang Rp1 miliar. Eli berharap Kube Padawangi ini bisa menyejahterakan keluarga penerima manfaat (KPM) untuk meningkatkan taraf hidup warga. Eli telah menerima bantuan dari pemerintah sejak 2012.

Namun, ia tidak ada kemajuan dalam usaha. Kemudian, setelah enam tahun, Eli menjadi ketua Kube Padawangi dengan 34 anggota. Mereka menyisihkan uang Rp20 ribu per orang selama enam tahun itu hingga bisa terkumpul Rp8 juta.

Uang tersebut akhirnya dijadikan modal untuk membuat sabun cuci piring. Setelah menjelajah internet, Eli baru tahu bagaimana membuat sabun termasuk modal yang dikeluarkan. Akhirnya, Kube Padawangi sepakat membuat sabun cuci piring.

Akhirnya, para anggota Kube Padawangi memproduksi sabun cuci piring untuk dikomersialisasikan. Awalnya saat beredar di pasaran, banyak konsumen yang protes karena sabun terlalu cair dan tidak sesuai dengan sabun cair cuci piring merek lain yang sudah cukup populer.

Produk itu ditarik lagi dan mereka membuat percobaan kedua sesuai keinginan konsumen. Bagi Eli, pesanan Presiden Jokowi membuatnya seperti mimpi. Para anggota Kube Padawangi pun tidak percaya. “Ini seperti mimpi. Kami baru dua bulan melakoni usaha ini, tiba-tiba dapat orderan sebanyak ini,” ujarnya. (Kristiadi/N-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More