Kabupaten Gowa Alami Dampak Terparah Karena Cuaca Buruk di Sulsel

Penulis: Lina Herlina Pada: Selasa, 22 Jan 2019, 17:47 WIB Nusantara
Kabupaten Gowa Alami Dampak Terparah Karena Cuaca Buruk di Sulsel

MI/Lina Herlina

SEJUMLAH kabupaten/kota di Sulawesi Selatan seperti Maros, Barru, dan Gowa dilanda bencana, seperti banjir, longsor dan angin kencang. 

Kabupaten Gowa tercatat menjadi Kabupaten dengan dampak terparah akibat bencana tersebut,

Berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten Gowa, banjir terjadi di tujuh kecamatan, yaitu Kecamatan Somba Opu, Bontomarannu, Patalassang, Parangloe, Palanngga, Tombolopao, dan Manuju

Sementara, longsor terjadi enam titik. Di salah satu titik di Campagogo, Desa Bilanrengi, Kecamatan Parigi, longsor menimbun lima unit rumah. 

Lalu di Dusun Bontosuro, Desa Bontomanai, Kecamatan Bungaya, longsor menimbun satu unit mobil dan enam ekor sapi.

Baca jugaCurah Hujan Meningkat, Waspadai Potensi Bencana Hidrometeorologi

Sebanyak dua jembatan penghubung desa juga ikut terputus, yaitu Jembatan Jenelata, Desa Moncongloe, Kecamatan Manuju, yang menghubungan dengan Sapaya. Juga jembatan di Dusun Limoa Desa Patalikang Kecamatan Manuju.

Tidak hanya itu, jembatan kembar di Kabupaten Gowa yang menghubungkan, Kota Makassar dan sejumlah kabupaten lain di Sulsel, sempat ditutup sekitar 3-4 jam karena diinformasikan mengalami keretatan. Tapi kini sudah bisa dilalui kembali.

"Ada juga pohon tumbang di dua titik, yang mengganggu akses jalan, tapi tetap bisa dilewati kemdaraan. Sekarang sedang proses evakuasi, data lebih lengkapnya dan updatenya nanti disampaikan secepatnya," tegas Kepala BPBD Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa, Selasa (22/1).

Sementara itu, Bupati Gowa meminta kepada warganya, yang tinggal atau bermukim di dekat aliran sungai untuk sementara waktu mengungsi agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More