Senin 21 Januari 2019, 16:05 WIB

Hiu Putih Terbesar Dunia Terlihat

Thalatie K Yani | Weekend
Hiu Putih Terbesar Dunia Terlihat

AFP/ Juan Oliphan

KEDATANGAN predator ini di Hawaii langsung menarik perhatian fotografer. Hiu putih raksasa itu diperkirakan berusia 50 tahun, berat 2,5 ton, dan panjang 20 kaki (sekitar 6,096 meter).

Predator yang disebut Deep Blue sebelumnya terlihat di Meksiko pada 2013 di mana ia  dipasang alat pemantau sehingga bisa diidentifikasi kali ini. Diperkirakan kemunculannya di sekitar Hawaii ini untuk makan paus sperm yang mati.

Fotografer konservasi Juan Oliphan bersama ahli biologi kelautan Ocean Ramsey berenang di samping predator itu. Melalui akun Instagramnya Oliphant menulis "Tatap muka dengan hiu putih terbesar di dunia yang berhasil direkam 'Deep Blue' dengan @oceanramsey."

"Saya masih terkejut kami menghabiskan seharian dengan hewan luar biasa ini di belakang rumahku. Saya harap gambar konservasi saya ini membantu orang mempertanyakan persepsi mereka dan menyadari keindahan, pentingnya hiu dan saya harap mereka menginspirasi jenis kasih sayang dan hubungan yang dibutuhkan dengan alam dan hiu, untuk membantu melindungi mereka dan hidup berdampingan dengan mereka," ujarnya yang dikutip dailymail.

Penyelam lain yang berenang dengan Deep Blue, Kimberly Jeffries menulis "Jika kamu tanya ke saya beberapa hari lalu apa yang paling menakjubkan yang saya lihat di Hawaii, jawabannya sangat berbeda. Tapi jika kamu tanya saya kemarin, jawabannya renang bebas dengan Deep Blue, hiu putih, terbesar yang didokumentasikan."

Penampakan Deep Blue terekam pada 2013 oleh peneliti Hiu Mauricio Hoyos lepas pantai Pulau Guadalupe Meksiko. Video itu menunjukan predator itu berenang mendekati kandang besi peneliti. Hiu raksasa itu juga ditampilkan pada film dokumenter Shark Week pada 2014.

Menurut Nationl Geographic Hiu putih biasanya tumbuh hingga 15 kaki (4,5meter) dan berat 5.000 pounds (sekitar 2267.962kg).  (M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More