Kota Yogyakarta masih Miliki 2.783 KK Miskin

Penulis: Agus Utantoro Pada: Senin, 21 Jan 2019, 11:15 WIB Nusantara
Kota Yogyakarta masih Miliki 2.783 KK Miskin

Togu Yogyakarta -- ANTARA FOTO/Noveradika

DATA Keluarga Sasaran Jaminan Perlindungan Sosial (KSJPS) 2019 yang ditetapkan Wali Kota Yogyakarta mengalami penurunan yang cukup signifikan  dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Sosial Kota Yogyakarta, Supriyanto, Minggu (20/1) mengatakan, data penerima KSJPS 2019 yang ditetapkan oleh Wali  Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti tercatat sebanyak 15.282 kepala keluarga (KK) yang terbagi dalam dua kategori yaitu rentan miskin sebanyak 12.449  KK dan kategori miskin sebanyak 2.783 KK.

"Data KSJPS 2018, jumlah kelompok miskin tercatat sebanyak 4.781 KK, sedangkan untuk kelompok rentan miskin sebanyak 12.456 KK dan masih ada satu kelompok lain yaitu fakir miskin sebanyak 16 KK," ujarnya.

Menurut dia, Kelompok fakir miskin yang dicoret dalam KSJPS 2019 karena berdasarkan penilaian dan verifikasi di lapangan sudah tidak lagi ditemukan warga yang masuk dalam kategori tingkat kemiskinan paling bawah tersebut.

Dinas Sosial Kota Yogyakarta selanjutnya akan langsung melakukan pencetakan kartu KSJPS untuk didistribusikan ke penerima program sekaligus memberikan tempelan stiker di setiap rumah warga yang masuk dalam data KSJPS. 

"Pekan depan, kartu KSJPS akan mulai didistribusikan sekaligus penempelan stiker di rumah penerima," katanya.

 

Baca juga: Kemiskinan Terus Berkurang

 

Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Bedjo Suwarno mengatakan, secara keseluruhan terjadi penurunan penerima KSJPS tahun ini yaitu mencapai sekitar 11%. 

"Jika ada warga yang tidak puas dengan hasil verifikasi dan penilaian yang dilakukan sehingga mereka tidak masuk dalam kategori penerima, dapat menyampaikan keluhan ke Dinas Sosial," ujarnya.

Ia mengatakan, Dinas Sosial Kota Yogyakarta tidak dapat serta merta memasukkan nama warga tersebut sebagai penerima KSJPS tetapi harus mengikuti prosedur penilaian dari awal.

Pada 2019, Pemerintah Kota Yogyakarta memasang target untuk menurunkan angka kemiskinan sekitar 0,7%. Pada 2018, angka kemiskinan di Kota Yogyakarta mengalami penurunan sebesar 0,66% yaitu dari 7,64 persen menjadi 6,98%.

Salah satu program pengentasan kemiskinan yang dilakukan Pemerintah Kota  Yogyakarta adalah Gandeng Gendong yaitu dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat seperti perusahaan, akademisi, komunitas, dan kampung sehingga penanganan kemiskinan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah darah.

Sesuai proyeksi RPJMD DIY, Kota Yogyakarta ditargetkan mampu menurunkan angka kemiskinan hingga 6,24% pada 2019 dan menjadi 5,45% pada 2022. (OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More