Perburuan Tiket Liga Champions

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Jumat, 18 Jan 2019, 23:20 WIB Sepak Bola
Perburuan Tiket Liga Champions

AFP/GLYN KIRK

TIDAK ada yang lebih penting bagi klub-klub Eropa selain tampil di Liga Champions. Begitu pun Arsenal. Pascakegagalan di musim lalu, the Gunners memang memilih realistis dan tak muluk-muluk menatap persaingan Liga Primer musim ini. Target utama ialah finis di posisi empat besar dengan harapan bisa merebut kembali tiket Liga Champions musim depan. Masalahnya ialah laju Arsenal tak terlampau mulus. Penampilan yang tidak konsisten masih menjadi pekerjaan rumah tim besutan Unai Emery itu.

Tim ‘Meriam London’ tercatat sudah tiga kali menelan kekalahan dalam enam pertandingan terakhir Liga Primer, di antaranya kalah 2-3 dari tim semenjana Southampton,  juga dipermalukan Liverpool 5-1 di penghujung tahun lalu. Yang terbaru ialah kalah tipis 0-1 dari West Ham United, akhir pekan lalu.

Rentetan hasil negatif itu membuat Arsenal semakin menjauh dari persaingan empat besar. Mereka kini ada di uturan kelima dengan 41 poin dan ditempel ketat Manchester United yang memiliki  angka yang sama.

Itu sebabnya, tambahan poin penuh menjadi keharusan bagi Pierre-Emerick Aubameyang dkk jika ingin mendapat tiket ke kompetisi kasta tertinggi Eropa itu musim depan. Persoalannya ialah lagi-lagi tidak mudah.

Pasalnya, mereka akan menjamu klub asal London lainnya, Chelsea, di Emirates Stadium, dini hari nanti. The Blues sendiri saat ini menduduki peringkat keempat dengan keunggulan enam poin dari Arsenal. Walhasil, kekalahan dari Chelsea akan membuat jarak untuk finis di posisi empat besar semakin melebar.

“Saya pikir pertandingan nanti akan menjadi ujian yang besar dan target utama kami ialah posisi empat besar. Ini akan menjadi lebih sulit setelah kekalahan melawan West Ham. Namun, kami mencoba mengambil sisi positif, seperti jika kami menang pada laga kali ini,” ujar Emery.

Akan tetapi, konsentrasi Emery terkuras dengan kabar kepindahan sang bintang Mesut Oezil. Pemain asal Jerman itu belakangan mulai menunjukkan tanda-tanda tak betah di London Utara. Namun, mantan pelatih Sevilla itu mencoba tak ambil pusing demi atmosfer ruang ganti yang nyaman.

“Saya mencoba untuk menjaga semangat yang sama. Semangat yang harus didapat setiap pemain dan memberikan mereka konsistensi. Itu bukan hal yang mudah.”
Di sisi lain, Chelsea juga akan berjuang merebut tiga poin agar terus memberikan tekanan kepada Tottenham Hotspur yang berada di peringkat ketiga. Sang arsitek Maurizio Sarri dipastikan akan menurunkan skuat terbaiknya.


Mulai ideal

Di sisi lain, kabar gembira menghampiri Liverpool. Setelah badai cedera menghantam mereka dan membuat tim itu terhuyung di awal tahun, kondisi pemuncak klasemen Liga Inggris tersebut kini sedikit normal.

Salah satu bek andalan mereka Joel Matip dikabarkan sudah pulih dan siap kembali mendampingi Virgil van Dijk saat menjamu Crystal Palace di Anfield, malam ini.
“Kami memang belum punya skuat yang besar di sesi latihan, tapi mereka tidak akan keluar dalam jangka waktu lama. Ini situasi yang sulit, tapi mungkin dua minggu dari sekarang akan lebih baik,” ujar arsitek Liverpool, Juergen Klopp. (AFP/BBC/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More