Jumat 18 Januari 2019, 19:13 WIB

Wakil Ketua KPK: Debat Pilpres Terkesan Normatif

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Wakil Ketua KPK: Debat Pilpres Terkesan Normatif

ANTARA

 

WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menanggapi jalannya debat perdana Pilpres dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme pada Kamis (17/1) kemarin.

Saut menilai dalam debat tersebut seharusnya berlangsung menarik dan penuh dengan pernyataan yang baru, serta bisa memantik kajian lebih lanjut. Ia juga menyoroti pernyataan kedua paslon yang terkesan normatif, khususnya mengenai penegakan hukum dan pemberantasan korupsi.

"Masih normatif, ya, kurang inovatif. Penegakan hukum itu soal law and order. Bukan berarti kita tidak punya law, tapi ordernya harus nendang," kata Saut melalui keterangan tertulisnya, Jumat (18/1).

Saut juga menegaskan kedua paslon sebaiknya ebih mengedepankan upaya konkret dalam penegakan hukum, terutama mengenai pemberantasan korupsi yang telah diatur dalam UU Tipikor.

Meski demikian, ia menilai aturan yang mengatur harusnya dibarengi dengan upaya yang serius dan konkret. "Sejak tahun 1971 kita punya UU Tipikor, tapi ordernya yg kurang nendang, sehingga law enforcement jadi bahan perguncingan sampai hari ini," tandas Saut.

Maka dari itu, Saut mengatakan debat harusnya menjadi kesempatan bagi kedua paslon mampu menghadirkan upaya konkret tersebut untuk memberantas korupsi. Seharusnya, kata Saut, ada usulan baru dan inovatif.

"Nah, dalam debat “‘bagaimananya“ dan indikatornya itu terkesan masih ragu-ragu dalam berinovasi," kata Saut. (OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

DPR tidak Boleh Paksakan Membuka Masa Sidang

👤Pro/I-1 🕔Minggu 29 Maret 2020, 07:05 WIB
Fungsi DPR harus terus berjalan meski dalam kondisi darurat pandemi...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Tanggap Darurat DKI Sampai 19 April 2020

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:40 WIB
Fraksi NasDem di DPRD DKI berharap Gubernur Anies sejalan dengan pemerintah pusat yang mencanangkan tanggap darurat hingga 29...
Dok Antara

170 Ribu APD Didistribusikan

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:35 WIB
Selain mengimpor alat pelindung diri dan ventilator, pemerintah juga mendorong industri dalam negeri untuk memproduksi kedua alat kesehatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya