Penutupan Ritel dan Daya Beli Menurun tidak Berkorelasi

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Jumat, 18 Jan 2019, 11:23 WIB Ekonomi
Penutupan Ritel dan Daya Beli Menurun tidak Berkorelasi

MI/ADAM DWI

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menekankan tidak ada korelasi antara penutupan beberapa toko ritel modern dengan daya beli masyarakat.

Ia mengatakan tutupnya beberapa toko ritel lebih disebabkan perubahan sistem perdagangan yang kini mulai diinterupsi kecanggihan teknologi informasi.

Belum lagi, sekarang juga merebak toko-toko ritel mini yang masuk ke lingkungan masyarakat. Itu membuat masyarakat tidak perlu jauh-jauh pergi ke pusat perbelanjaan besar hanya untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

"Adanya e-commerce, fenomena alfamart-indomart itu mengubah konstelasi. Ini hanya persaingan antarritel saja. Mesti ada yang tersingkir," jelas Darmin di kantornya, Jakarta, Jumat (18/1).

Baca juga: Ritel Tutup karena tidak Mampu Bersaing

Karena itu,  ia menegaskan, tutupnya beberapa toko ritel bukan berarti menandakan daya beli masyarakat mengalami penurunan.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More