Ini Rekayasa Lalu Lintas Jelang Debat Capres

Penulis: Ferdian Ananda Majni Pada: Kamis, 17 Jan 2019, 12:52 WIB Politik dan Hukum
Ini Rekayasa Lalu Lintas Jelang Debat Capres

Medcom.id

KEPALA Bagian Bin Opsnal Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Sudarmanto merinci rute rekayasa lalu lintas di sejumlah titik yang mengarah ke Pancoran. Hal ini merupakan antisipasi pihak kepolisian terhadap kemacetan pada kawasan debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Kepolisian memprediksi kegiatan debat capres-cawapres akan dihadiri banyak orang, salah satunya berasal dari tim pemenangan kedua paslon. Karena itu, diperlikan pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kemacetan sekaligus memberi pengamanan rute bagi kedua paslon mulai dari kediaman hingga lokasi berlangsungnya debat.

Beberapa rekayasa rute, yakni arus di pertigaan Kalibata dari arah Pasar Minggu dialihkan ke kanan arah traffic light Jambul Dewi Sartika. Lalu di pertigaan Duren Tiga apabila tidak ada kepadatan lalu lintas dari Kalibata, akan dibelokkan ke kiri.

"Lepas dari Jalan Duren Tiga kami belokkan ke kanan sehingga tembusnya ke Kalibata," jelasnya.

Baca juga: Polda Metro Jaya Siapkan Pengalihan Arus Saat Debat Capres

Kemudian dari arah Kalibata menuju lampu merah Pancoran, arus ke kiri mengarah ke Gatot Subroto dan lurus mengarah ke Dr Soepomo diberlakukan buka tutup.

"Kita antisipasi itu, makanya kita mencoba amankan dari arah Kalibata. Nanti arus dari Pasar Minggu kalau dari arah Pancoran sudah stuck itu akan kami alihkan ke arah Dewi Sartika," jelasnya.

Dari sisi utara selepas Balai Sudirman, pengaturan lalu lintas dimulai di TL Batu. Dari arah utara, arus ke Manggarai, di Jalan Saharjo akan dibelokkan ke kiri arah Tebet Raya. Dari sana lalin dibelokkan ke kiri ke depan Polsek Tebet.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya menyiapkan empat lapis pengamanan debat calon presiden putaran pertama yang diadakan Komisi Pemilihan Umum di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1).

"Di lokasi (pengamanan) kita bagi empat ring," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta.

Ia menjelaskan, ring pertama berada dalam ruangan debat. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang akan memimpin pengamanan dalam ruangan.

"Di luar ruangan, ring dua, pihak Kepolisian dan TNI yang akan berjaga," imbuh Argo.

Sementara itu, pengamanan ring tiga berada di luar hotel dan Kompleks Perkantoran Bidakara. Terakhir, pengamanan ring empat ditempatkan di luar lokasi debat.

"Pengamanan ring empat dikawal dari jajaran Direktorat Lalu Lintas dan Sabhara," pungkasnya.

Polda Metro Jaya berencana mengerahkan hampir dua ribu personel untuk mengawal debat capres putaran pertama yang bertema hukum, HAM dan terorisme itu.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More