Kamis 17 Januari 2019, 07:16 WIB

Serangan di Nairobi Dinilai Sebagai Tanggapan Putusan Trump

Basuki Eka Purnama | Internasional
Serangan di Nairobi Dinilai Sebagai Tanggapan Putusan Trump

AFP/Luis TATO

 

KELOMPOK ekstremis Al-Shabaab, Rabu (16/1), mengatakan melancarkan serangan mematikan ke sebuah hotel dan komplek perkantoran di Nairobi, Kenya sebagai balasan atas keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memincahkan kedutaan besar AS di Israel ke Jerusalem.

Al-Shabaab dalam sebuah keterangan resmi mengatakan pejuang mereka menyerbu kompleks DusitD2 atas perintah pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri.

"Itu adalah tanggapan terhadap pernyataan tidak berotak Presiden AS Donald Trump dan pernyataannya bahwa Al-Quds (Jerusalem) adalah ibu kota Israel," ujar kelompok itu.

Baca juga: 15 Tewas akibat Aksi Teror di Kenya

Serangan oleh sejumlah orang bersenjata dan ledakan itu menewaskan 14 orang di kompleks yang mencakup hotel berkapasitas 101 kamar, spa, restoran, dan gedung perkantoran.

Kelima pelaku penyerangan tewas sebelum militer menggelar operasi untuk menyelamatkan warga yang terjebak dan menyapu lokasi selama 20 jam. (AFP/OL-2)

Baca Juga

Ilustrasi

Departemen Pemilu Singapura dalami Dugaan Kecurangan

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:00 WIB
Departemen Pemilihan Umum (ELD) Singapura mengungkapkan, mengetahui adanya unggahan daring oleh seorang pemilih yang menyebutkan ada...
AFP/Ozan Koze

UNESCO Imbau Turki tak Ubah Museum Hagia Sophia jadi Masjid

👤Insi Nantika jelita 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:44 WIB
Hagia Sophia awalnya merupakan katedral kemudian menjadi masjid setelah penaklukan Istanbul. Lalu dicantumkan sebagai situs Warisan Dunia...
AFP

Kasus Covid-19 Melonjak, Hong Kong Kembali Tutup Sekolah

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Jumat 10 Juli 2020, 18:26 WIB
Terdapat 34 kasus baru covid-19 dengan transmisi lokal pada Kamis (10/7) waktu setempat. Mulai Senin depan, seluruh sekolah di Hong Kong...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya