Memburu si Katak di Camp Nou

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Kamis, 17 Jan 2019, 03:00 WIB Sepak Bola
Memburu si Katak di Camp Nou

LLUIS GENE / AFP

BARCELONA tidak akan setengah hati melakon­i laga leg kedua babak 16 besar Copa del Rey melawan Levante di Camp Nou dini hari nanti. Hal itu karena Blaugrana, julukan Barcelona, dalam kondisi tertekan setelah kalah 1-2 di pertemuan pertama pekan lalu.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde dipastikan mengubah strategi untuk meraih kemenangan agar memastikan lolos ke babak selanjutnya. Ia tidak akan kembali bereksperimen dengan pilihan pemainnya dengan melakukan rotasi. Valverde akan menurunkan pemain terbaik, seperti Lionel Messi dan Luis Suarez, dalam laga ini.

Eks entrenador Athletic Bilbao tersebut harus membuat Barcelona mengalahkan Granotes atau ‘si Katak’, julukan Levante, dengan kemenangan minimal 1-0. Namun, jika tim tamu sanggup mencetak gol tandang, keunggulan dua gol atau lebih wajib didapatkan Barcelona agar lolos ke babak selanjutnya.

“Saya tidak yakin apakah melepas Copa del Rey akan membuat kami menjuarai Liga Champions? Kami melakukan perubahan dan kami kalah. Jadi, kami berharap ada suasana yang baik saat main mencoba membalikkan keadaan,” kata Valverde.

Dengan memaksimalkan skuat inti, mudah bagi Barcelona untuk mengandaskan perlawanan Levante. Hal ini berkaca pada catatan lima laga kandang Bercelona di Catalonia yang selalu diakhiri dengan kemenangan besar atas Levante. Terakhir, Barcelona sukses menang besar 3-0 dari Emmanuel Boateng dkk pada ajang La Liga Spanyol musim lalu.

Selain itu, Valverde membawa modal kemenangan telak 3-0 atas Eibar awal pekan ini di kancah La Liga. Kemenangan itu setidaknya mengembalikan kepercayaan diri tim yang sempat terkoyak.

Valverde akan kembali memainkan skema terbaik 4-3-3 dalam laga ini dengan Philippe Coutinho sebagai penyuplai umpan terukur bagi Messi dan Suarez. Coutinho sebelumnya dipuji Valverde karena kontribusi besarnya melawan Eibar setelah jarang diberikan kesempatan bermain. Eks gelandang serang Liverpool itu pun berpeluang besar kembali dimainkan.

“Dia merupakan pemain yang dapat memberikan Anda banyak hal. Dia pemain dengan kualitas yang luar biasa,” imbuhnya.

Lolos perempat final
Di sisi lain, Valencia dipastikan melaju ke perempat final setelah menang atas Sporting Gijon di leg kedua babak 16 besar. Bermain di Stadion Mestalla, kemarin, Valencia meraih kemenangan 3-0.

Tiga gol Valencia disumbang Santi Mina (65’) dan (76’) serta Ferran Torres (90’). Hasil tersebut membuat Los Che lolos dengan agregat 4-2. Di leg pertama di kandang Sporting Gijon, Los Che kalah 1-2.

Di pertandingan lain, Getafe juga memastikan tempat di babak delapan besar setelah bermain 1-1 dengan Real Valladolid 1-1 di Estadio Jose Zorrilla. Hasil tersebut membuat Getafe lolos dengan unggul agregat 2-1 setelah di pertemuan pertama menang 1-0.

Getafe unggul terlebih dahulu lewat penalti Angel Rodriguez di menit ke-29. Valladolid sempat menyamakan skor di babak kedua lewat usaha Daniele­ Verde (50’). (Marca/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More