Penghargaan Adipura Disambut Suka Cita Masyarakat Kalsel

Penulis: Denny Susanto Pada: Rabu, 16 Jan 2019, 10:45 WIB Nusantara
Penghargaan Adipura Disambut Suka Cita Masyarakat Kalsel

MI/Denny Susanto

KEBERHASILAN Provinsi Kalimantan Selatan meraih 11 penghargaan bidang lingkungan Adipura disambut antusias masyarakat. Sembilan piala adipura dan dua sertifikat adipura diarak keliling kota di masing-masing kabupaten/kota penerima.

"Ini penghargaan bergengsi dan sangat berarti bagi kabupaten/kota sehingga mereka merayakan keberhasilan tersebut bersama masyarakat dengan pawai keliling kota," tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel Ikhlas Indar, Rabu (16/1).

Ikhlas mengingatkan yang terpenting adalah bagaimana mempertahankan penghargaan yang sudah diraih dan cinta lingkungan menjadi budaya bagi masyarakat.

Di Banjarmasin, piala adipura keempat yang diraih Kota Banjarmasin itu kemarin diarak keliling kota melalui jalur darat dan jalur sungai.

Arak-arakan dipimpin Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Hermansyah.

Baca juga: Penanganan Citarum Harum Kurang Koordinasi

Piala adipura diraih Kota Banjarmasin untuk kategori Kota Besar ini bersama dua kota besar lainnya yaitu Kota Padang dan Balikpapan.

"Penghargaan ini adalah sebuah monumen dan apresiasi  yang sifatnya fisik saja. Piala adipura yang sesungguhnya adalah perilaku  warga Kota Banjarmasin, untuk tidak membuang sampah ke sungai dan membuang sampah sesuai waktu dan tempatnya," ujar Ibnu Sina.

Selain meraih Piala Adipura, Kota Banjarmasin juga mendapat penghargaan atas keberhasilan pengurangan sampah bersama 10 kota lain di Indonesia.

Hal yang menarik dan membanggakan lainnya adalah konsep menjadikan kerajinan bakul purun sebagai pengganti kantong plastik diapresiasi pemerintah pusat.

Pada acara penganugerahan penghargaan adipura kemarin, Kementerian LHK menjadi tas purun sebagai souvenir kepada tamu undangan dari seluruh Indonesia. Penggunaan tas purun ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegembiraan serupa atas penghargaan adipura ini juga ditunjukkan kabupaten/kota lainnya di Kalsel.

Di Banjarbaru, Wali Kota Nadjmi Anani memimpin konvoi arak-arakan menyambut Piala Adipura. Konvoi diikuti puluhan mobil dan sepeda motor serta berbagai komunitas lingkungan. Bahkan sebagai bentuk penghargaan Pemko Banjarbaru akan menaikkan tunjangan bagi para petugas kebersihan di kota tersebut.

Demikian juga dengan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Balangan, meski hanya menerima penghargaan berupa sertifikat adipura namun sangat dibanggakan pemerintah dan masyarakat disana. (OL-2

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More