Rabu 16 Januari 2019, 03:20 WIB

Wali Kota Gdansk Akhirnya Meninggal

(CNN/Tes/I-1) | Internasional
Wali Kota Gdansk Akhirnya Meninggal

(Photo by Carmen Jaspersen / dpa / AFP)

 

WALI Kota Gdansk di Polandia, Pawel Adamowicz, yang sebelumnya ditikam saat menghadiri acara penggalangan dana, mengembuskan napas terakhir. Adamowicz ditikam pria tak dikenal, ketika dirinya berada di atas panggung.

Ribuan orang menjadi saksi serangan keji pada Minggu waktu setempat. Adamowicz yang langsung dilarikan ke rumah sakit sempat menjalani operasi selama lima jam. Dia menderita luka parah yang mengenai jantung dan perut.

Serangan terjadi pada penghujung acara amal sebuah rumah sakit anak-anak, yang dikenal Great Orchestra of Christmas Charity. Di atas panggung, Adamowicz menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu pengumpulan dana untuk kebutuhan peralatan medis.

Tersangka yang berusia 27 tahun telah ditangkap. Dia merupakan warga lokal Gdansk yang pernah dihukum penjara atas kasus perampokan bank. Sebelum menikam sang wali kota, tersangka sempat berteriak dan menyalahkan wali kota beserta partainya, terkait dengan hukuman penjara yang diperolehnya.

Adamowicz yang lahir dan besar di Gdansk sudah lama menjadi pejabat publik di kota pelabuhan tersebut. Dia mulai menekuni dunia politik setempat pada 1990 sebagai anggota dewan lokal. Dia menduduki kursi wali kota Gdansk lebih dari 20 tahun.

Demonstrasi mengheningkan cipta sebagai solidaritas terhadap kematian pemimpin Gdansk, berikut menyikapi retorika mematikan dalam politik Polandia akan berlangsung di seluruh negeri pada Senin malam waktu setempat. Menteri Dalam Negeri Polandia, Joachim Brudzinski, menggambarkan serangan terhadap Wali Kota Gdansk seperti tindakan biadab yang sulit dipercaya. "Mari kita berdoa untuk Wali Kota Adamowicz. Kami bersama Anda," bunyi ucapan belasungkawa dari Presiden Dewan Eropa Donald Tusk.

Kongres Yahudi Dunia menyebut sosok Adamowicz merupakan suara yang kerap memimpin upaya perlawanan ekstremisme sayap kanan. "Dia ialah kawan sejati komunitas Yahudi. Dia mau berbicara dengan lantang ketika menentang antisemitisme di Polandia. Serangan ini tidak hanya membunuh wali kota, tetapi juga nilai toleransi," tukas Presiden WJC Ronald S Lauder.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More