Kajian Gempa PLTA Batang Toru, dari Georadar hingga Seismic Hazard

Penulis: Micom Pada: Senin, 14 Jan 2019, 23:05 WIB Humaniora
Kajian Gempa PLTA Batang Toru, dari Georadar hingga Seismic Hazard

AFP

PROSES survei kajian kegempaan di sekitar lokasi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Batang Toru diklaim telah dilakukan secara detail. Hasil kajian itu bahkan turut merekam potensi gempa-gempa kecil yang tidak terdata oleh lembaga lain.

Hal itu ini disampaikan ahli geologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Didiek Djawadi saat menjadi saksi di persidangan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, seperti disiarkan lewat keterangan pers, Senin (14/1).

Tentang tahapan analisis kegempaan yang dilakukan, Didiek yang juga tenaga ahli PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) menyatakan secara bertahap ada beberapa kali penelitian yang dilakukan. Pada 2012, penelitian menggunakan georadar untuk mengetahui kondisi jalur sepanjang 13 kilometer yang akan digunakan untuk terowongan.

"Kemudian pada 2014 dilakukan untuk mengetahui gerakan-gerakan atau gempa kecil yang tidak terekam oleh BMKG sehingga kita tahu pola kegempaan yang ada di situ, yang gempanya kecil," kata Didiek.

Namun, dua penelitian itu pun belum dipandang cukup karena belum tahu besaran potensi gempa yang akan terjadi. Maka pada 2016 ditindaklanjuti dengan penelitian Seismic Hazard Analysis dan desain parameter untuk goncangan gempa terhadap bendungan.

"Jadi itu adalah rangkaian yang dilakukan. Penelitian yang terakhir itu melengkapi penelitian-penelitian terdahulu. Tidak ada rekomendasi yang berbeda, karena jenis penelitiannya berbeda," ungkapnya.

Hasil penelitian-penelitian tersebut, kata Didiek, jika dirangkum didapat kesimpulan lokasi PLTA Batangtoru berada di tempat yang aman terhadap guncangan gempa.

Sebelumnya juga telah disebutkan bahwa kajian menyeluruh yang merujuk pada ketentuan internasional untuk mitigasi risiko gempa sudah selesai dilakukan pengembang PLTA Batang Toru sejak 2017.

Didiek Djawadi, menyatakan, kajian kegempaan merupakan bagian terpenting bagi proyek PLTA. Proses survei yang dilakukan menyangkut berbagai detail, termasuk mempertimbangkan fakta ada sesar di kawasan Batang Toru. (X-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More