International Tropical Peatland Center Beroperasi Tahun Ini

Penulis: Zubaidah Hanum Pada: Senin, 14 Jan 2019, 15:11 WIB Humaniora
International Tropical Peatland Center Beroperasi Tahun Ini

MI/Dwi Apriani

PUSAT Gambut Tropis Internasional atau International Tropical Peatland Center (ITPC) ditargetkan dapat terlaksana sebelum akhir 2019. Hal ini tertuang dalam rencana kerja Strategic Priorities (SP) ke-1 yang disampaikan Kepada Badan Litbang dan Inovasi (BLI), Agus Justianto, pada acara Koordinasi Program dan Aktivitas ITPC 2019 di Ruang Sekretariat ITPC, Kampus Gunung Batu, Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.

“ITPC ini sangat dibutuhkan untuk mendukung tindakan besar dengan teknologi pengetahuan terkini dan inovasi-inovasi baru,” tegas Agus dikutip dari laman klhk.go.id, Senin (14/1).

Basis ITPC saat ini berada di dua kampus penelitian hutan di Bogor, yaitu Badan Penelitian, Pengembangan, dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta di Center for International Forestry Research (Cifor).

Selain terpenuhinya aspek legal ITPC, keluaran yang diharapkan dari Interim Secretariat ITPC dalam 10 bulan ke depan adalah tersedianya masterplan strategi dan praktik pengelolaan lahan gambut, roadmap pendanaan serta sistem tata kelola.

“Saya berharap Interim Secretariat dapat segera merealisasikan agenda dan aktivitas ITPC. Dan karena kita akan melangkah jauh, maka kita harus melakukannya bersama-sama. Kami mengundang para pihak untuk bergabung,” tegas Agus.

Baca Juga: RI Jadi Tuan Rumah Pusat Gambut Internasional

Para mitra koordinasi yang hadir pada acara ini yakni United Nations Environment Programme (UNEP), Center for International Forestry Research(CIFOR) dan Badan Restorasi Gambut (BRG). Selain itu, hadir juga Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK selaku mitra pelaksana ITPC.

“Keberadaan UNEP di sini untuk mendukung ITPC dan apapun yang akan kita lakukan, seperti pengaturan tata kelola dan mekanisme institusional adalah permulaan yang baik untuk pembentukan ITPC,” ujar Direktur Regional Asia dan Pasific UNEP, Dechen Tsering.

Keberadaan ITPC ditujukan untuk memastikan pembuat kebijakan, praktisi dan masyarakat memiliki akses informasi dan analisis yang kredibel dan sah. Selain mendapatkan akses ke semua perangkat yang diperlukan untuk merancang dan mengimplementasikan konservasi dan pengelolaan lahan gambut tropis.

ITPC juga akan mengajak negara lain terutama yang memiliki lahan gambut, organisasi internasional, sektor swasta, dan lembaga penelitian untuk berkontribusi dan ikut bekerja sama.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More