Viral di Medsos, Pembantai Rangkong di Riau Ditangkap

Penulis: Zubaidah Hanum Pada: Senin, 14 Jan 2019, 14:59 WIB Humaniora
Viral di Medsos, Pembantai Rangkong di Riau Ditangkap

Thinkstock

PELAKU pembantaian Burung Rangkong (Bucheros sp) yang sempat viral di media sosial, berhasil ditangkap. Reskrim Polres Kuantan Senggigi (Kuansing), Provinsi Riau, mengamankan satu orang pelaku pada Jumat (11/1) sekitar pukul 19.00 WIB.

"Dilaporkan pelaku berinisial ENH, tidak ber-KTP dan berasal dari luar daerah," Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau, Suharyono, seperti dikutip dari laman klhk.go.id, Senin (14/1).

Saat ini pelaku diamankan di Polres Kuansing dengan barang bukti bagian-bagian Burung Rangkong yang dipotong-potong sebagaimana viral di media sosial.

Pelaku yang tertangkap berperan sebagai pemegang burung saat dipotong, sedang pelaku pemotong burung melarikan diri saat penangkapan di areal kebun Kecamatan Gunung Toar Kuansing.

"Penyidik Polres Kuansing akan ke Kantor Balai Besar KSDA Riau untuk memohon BAP saksi ahli yang direncanakan pada Selasa, 15 Januari 2019," jelas Suharyono.

Awalnya, tutur Suharyono, Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau sempat kesulitan memburu pelaku di lokasi seperti yang diperlihatkan di video.

Baca Juga: Burung Rangkong Nyaris Punah

Kepala Bidang KSDA Wil I, Mulyo Hutomo, memerintahkan Kepala Seksi Wil l Laskar Jaya Permana untuk menyusuri keberadaan pelaku pada Rabu (9/1). Hingga Kamis (10/1), jejak pelaku belum juga terlacak meskipun perangkat desa dan beberapa warga sudah diminta informasi.

Pantang menyerah, tim membangun koordinasi dengan Polres Kuantan Sengingi untuk melacak keberadaan pelaku. Suharyono pun mengapresiasi dan bangga atas kerja sama yang solid antara Balai Besar KSDA Riau Bidang KSDA Wilayah l Polres Kuansing, Polda Riau dan Dit Tipidter Bareskrim Polri.

Burung Rangkong adalah spesies satwa langka yang dilindungi oleh UU No 5 Tahun 1990 tentang Satwa Dilindungi. Rangkong Badak (Buceros Rhinoceros) memiliki ukuran sangat besar, sekitar 110 sentimeter.

Burung rangkong ini memiliki ciri di bagian kepala, punggung, dada dan sayapnya didominasi warna hitam. Sedangkan bagian perut dan pahanya berwarna putih, sementara bagian ekornya berwarna putih mencolok dengan garis hitam lebar melintang.

Hingga saat ini, burung Rangkong masih dipandang istimewa oleh orang Dayak di Kalimantan sebagai perantara komunikasi mereka dengan arwah leluhur.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More