Adipura Trending Topic Twitter

Penulis: Zubaidah Hanum Pada: Senin, 14 Jan 2019, 14:13 WIB Humaniora
Adipura Trending Topic Twitter

Wali Kota Tri Rismaharini -- ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

PENGHARGAAN Adipura menjadi trending topic peringkat kelima di jagat Twitter. Demikian pantauan Media Indonesia, Senin (14/1) siang.

Program Adipura merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, pendekatan implementasi kebijakan persampahan dan pendekatan implementasi kebijakan penghijauan.

"Acara Penganugerahan Adipura dan Green Leadership Kepala Daerah dan Pimpinan DPRD itu dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla," seperti dikutip dari laman klhk.go.id.

Salah satu kriteria penilaian dalam penghargaan Adipura menyangkut implementasi Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah yakni pengurangan sampah 30% dan penanganan sampah 70% pada 2025. 

Selain itu juga dilihat bagaimana upaya daerah dalam mendorong pelaksanaan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu.

Tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan anugerah Adipura periode 2017-2018 kepada 146 penerima, sebagai bentuk penghargaan yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Penerima penghargaan tersebut terdiri atas satu Adipura Kencana, 119 Adipura, 10 Sertifikat Adipura dan lima Plakat Adipura serta penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah kepada 11 kabupaten/kota.

Baca juga: Kota Depok Gagal Raih Adipura

Salah satu penerima Adipura ialah Kota Surabaya, Jawa Timur. Bukan hanya satu tapi tiga penghargaan diraih Pemkot Surabaya, yaitu Adipura Kencana, Kinerja Pengurangan Sampah, dan Nirwasita Tantra.

"Surabaya menerima tiga penghargaan sekaligus dari KLHK pada 14 Januari 2019," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya, M Fikser seperti dikutip dari Antara.

Selama kepemimpinan Wali Kota Tri Rismaharini, Surabaya tercatat sudah delapan kali berturut-turut menerima penghargaan Adipura. Hal ini, lanjut dia, dikarenakan Surabaya dinilai konsisten mewujudkan kebersihan dan keindahan kota.

Terakhir, Surabaya menjadi kota favorit di ajang penghargaan bergengsi dunia "The 4th Guangzhou International Award for Urban Innovation" yang digelar di Guangzhou, China pada 7 Desember 2018.

Selain pemda, KLHK juga memberikan penghargaan kepemimpinan 'green' (hijau) yang mengemuka dari kepala daerah dan juga pimpinan dewan, DPRD, sebagai lembaga yang secara fungsional politik program lingkungan ini, saling mendukung dalam menciptakan wilayah yang bersih dan nyaman. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More