Pemerintah akan Naikkan Gaji Perangkat desa Setara PNS Golongan IIA

Penulis: Rudy Polycarpus Pada: Senin, 14 Jan 2019, 13:50 WIB Politik dan Hukum
Pemerintah akan Naikkan Gaji Perangkat desa Setara PNS Golongan IIA

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia mendengarkan sambutan Presiden Joko Widodo di Istora Senayan Jakarta, Senin (14/1/2019).

PEMERINTAH tengah menyiapkan payung hukum guna memerbaiki kesejahteraan aparatur perangkat desa. Presiden Joko Widodo mengatakan, revisi Peraturan Pemerintah No 47 tahun 2015 akan rampung pada dalam dua pekan.

"PP-nya nomor 43 dan 47 akan segera direvisi. Saya sudah perintah paling lama dua pekan (rampung). Kita putuskan bahwa penghasilan tetap perangkat desa segera disetarakan dengan (PNS) golongan IIA," ujar Presiden di hadapan ribuan perangkat desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Istora Senayan, Jakarta, Senin (14/1).

Gaji Golongan IIA diketahui sebesar Rp1.926.000. Selain gaji, sambung Presiden, Jokowi, perangkat desa juga akan mendapatkan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Baca juga: DPR Berharap Pemerintah Cari Solusi Terbaik bagi Perangkat Desa

Pertemuan antara Jokowi dan perangkat desa ini memang mendadak. Dari agenda resmi yang dikeluarkan pihak Istana, Jokowi hanya dijadwalkan meninjau layanan Online Single Submission di Kantor BKPM. Siang hari, Jokowi diagendakan mengikuti dua rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Pada kesempatan itu, Jokowi meminta para perangkat desa tidak lagi menggelar demontrasi karena aspirasi mereka sudah dikabulkan pemerintah. 

"Sudah selesai dibicarakan Menkeu, Mendagri, Menpan. Saya sampaikan, enggak usah demo depan Istana, ini musim hujan," ujarnya disambut tepuk tangan para perangkat desa. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More