Wahana Teka-teki yang Mematikan

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Minggu, 13 Jan 2019, 05:30 WIB Hiburan
Wahana Teka-teki yang Mematikan

DOK. SONY PICTURES

ENAM orang yang tidak sa­ling mengenal mendapatkan undang­an misterius. Mereka ditantang untuk menyelesaikan sebuah permainan teka-teki pada wahana escape room dengan hadiah menggiurkan berupa uang US$10 ribu.

Keenam orang tersebut ialah Zoey (Taylor Russel), seorang mahasiswi yang brilian, Amanda (Deborah Ann Woll), seorang tentara veteran Irak, kemudian Ben (Logan Miller) yang bekerja menjadi pegawai toko. Ada pula Mike (Tyler Labine), seorang pensiunan pertambang­an, Jason (Jay Ellis) seorang eksekutif muda, dan Danny (Nik Dodani) si gamer sejati.

Semula, mereka berpikir bahwa permainan tersebut hanyalah permainan teka-teki sederhana yang mudah untuk diselesaikan layaknya wahana escape room biasa. Nyatanya, permainan tersebut meminta tumbal nyawa mereka jika gagal terpecahkan.

Rintangan pertama yang harus mereka lewati berada di sebuah ruangan gedung tua di tengah kota. Ruangan tersebut awalnya tampak seperti ruang tamu pada umumnya. Namun, berubah menjadi sebuah ruangan panas bersuhu puluhan derajat. Mereka pun diberi opsi mati terpanggang di ruangan tersebut atau lolos melanjutkan ke permainan yang semakin sulit ditebak.

Rintangan kedua menjebak mereka pada kondisi luar ruangan dengan suhu dingin yang terus menurun. Perjuangan mereka pun semakin dramatis karena mereka berada di es yang siap pecah kapan saja. Di rintangan kedua ini, salah satu dari mereka mati konyol. Kejadian itu, ditambah dengan ancaman hipotermia yang mengacaukan pikiran, menjadi kendala bagi mereka untuk menyelesaikan teka-teki yang diberikan.

Tentu saja permainan tidak berakhir di teka-teki kedua. Ada sejumlah rintang­an lagi yang harus mereka lewati, sejumlah teka-teki lain untuk mereka pecahkan.

Seiring berjalannya waktu, mereka semakin menyadari permainan tersebut bukanlah permainan biasa. Setiap fase permainan dan teka-teki seolah mengusik rahasia-rahasia kelam para pemain di masa lalu.

Tantangan dan teror di setiap ruangan terlihat sengaja dirancang untuk menyisihkan satu per satu dari mereka. Siapa yang tidak sigap dan ceroboh, maka nyawa akan melayang.

Penasaran

Film garapan sutradara Adam Robitel--film terakhirnya ialah  Insidious: The Last Key yang dirilis awal 2018--cukup sukses membawa penonton menyatu dalam ketegangan cerita.

Penonton dibuat penasaran, berpikir, dan juga menerka-nerka untuk membantu memecahkan teka-teki yang semakin lama semakin sulit dan di luar nalar pikir dengan kejutan yang tiba-tiba muncul.

Konflik dalam film ini pun diracik cukup baik. Setiap peserta karena memiliki latar belakang yang berbeda-beda menampilkan ego masing-masing dan merasa dirinya yang paling benar.

Sementara itu, di balik ruangan-ruangan penuh teror yang mereka lewati, ada seseorang di luar sana yang mengawasi. Si perancang permainan ingin membuktikan apakah mereka benar-benar penyintas dalam hidup atau hanya orang yang sekadar beruntung dapat terus hidup.

Sepintas, film ini mengingatkan kepada film lawas berjudul Clue. Film yang disutradarai Jonathan Lynn itu berkisah tentang enam orang yang diundang ke sebuah rumah misterius dan harus menuntaskan sebuah teka-teki pembunuhan. Uniknya, film itu mempunyai tiga ending yang ditayangkan di bioskop-bioskop berbeda.

Di Indonesia, escape room barangkali belum menjadi wahana yang umum. Wahana tersebut biasanya berupa ruangan-ruangan berdesain tematik yang dikunci saat pemain berada di dalamnya. Kunci ruangan didapat jika pemain mampu memecahkan misteri yang diberikan.

Desain-desain ruangan pada film ini merupakan salah satu aspek yang secara visual amat apik dan detail. Ada ruangan yang dibangun seperti pemanggang raksasa atau ruangan yang seolah terbalik sehingga memaksa para pemain menyelesaikan teka-teki puzzle sambil bergelantungan.

Meski formula ceritanya relatif monoton, film berdurasi 99 menit ini menyajikan twist plot yang bakal mengejutkan penonton di bagian akhir. Namun, jangan berharap happy ending. (M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More