Taklukkan Vietnam, Iran Amankan Tiket 16 Besar Piala Asia

Penulis: M Taufan SP Bustan Pada: Sabtu, 12 Jan 2019, 21:20 WIB Sepak Bola
Taklukkan Vietnam, Iran Amankan Tiket 16 Besar Piala Asia

AFP

TIM nasional Iran menaklukkan Vietnam untuk mengamankan satu tempat di babak 16 besar Piala Asia 2019. Raksasa Asia tersebut menang 2-0 di Al-Nahyan Stadium, Abu Dhabi, Sabtu (12/1).

Sardar Azmoun menjadi pahlawan dengan memborong gol Iran pada laga Grup D Piala Asia kali ini pada menit 38 dan 69. Iran memastikan lolos ke babak berikutnya setelah mengoleksi enam angka dari dua pertandingan. Mereka sebelumnya menghajar Yaman 5-0 pada penampilan perdana.

Sementara Vietnam belum mendulang poin karena dikalahkan Irak 2-3 di partai awal. Hasil tersebut sekaligus memperburuk wakil Asia Tenggara pada turnamen kali ini.

Wakil ASEAN hanya meraih satu kemenangan dari enam pertandingan yang sudah dijalani pada Piala Asia 2019. Thailand menorehkan kemenangan itu atas Bahrain pada persaingan Grup A.

Iran mengancam pertama lewat Saman Ghoddos di menit ke-16. Begitu pula usaha Mehdi Taremi dan Sardar Azmoun. Namun, serangan bertubi-tubi Iran akhirnya membuahkan hasil jelang berakhirnya babak pertama.

Meneruskan umpan silang Saman Ghoddos, dia menanduk bola menembus gawang Dang Van Lam dari jarak dekat.

Vietnam baru mengancam di babak kedua. Nguyen Cong Phuong bisa melepas tembakan pada menit ke-52. Tapi eksekusinya masih bisa diantisipasi kiper Alireza Beiranvand.

Namun, hanya sebatas itu Iran mengijinkan. Anak asuh Carlos Quieroz kembali mendominasi dan mendapat peluat melalui Sardar Azmoun, Mehdi Taremi, Ashkan Dejagah, dan Ahmad Noorollahi.

Sampai akhirnya Sardar Azmoun menghasilkan gol kedua, atau ketiga sepanjang turnamen, untuk memastikan dominasi Iran.

Ahmad Noorollahi kemudian coba memperbesar kemenangan Iran, sebelum Vietnam mendapat kesempatan langka lewat Nguyen Cong Phuong.

Sebelumnya, Pelatih Timnas Iran Carlos Queiroz menegaskan, enggan jemawa ketika menghadapi Vietnam.

Menurutnya, tim asuhan Park Hang-seo dinilai tak bisa diremehkan.

"Tentu saja semua orang ingin menang. Tetapi Vietnam adalah tim yang kuat, memiliki pemain penyerang berkualitas, mereka juga memiliki tujuan untuk menang seperti kita," kata Carlos Queiroz dikutip dari Bongda.vn.

"Apa yang telah ditunjukkan dalam pertandingan melawan Irak menunjukkan bahwa tim Vietnam tidak mudah dikalahkan. Namun, dengan keyakinan kami bisa meraih kemenangan," imbuhnya. (Goal/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More