Imigrasi Tangkap 17 WNA Asal Afrika di Kalibata City

Penulis: Aries Wijaksena Pada: Sabtu, 12 Jan 2019, 19:40 WIB Megapolitan
Imigrasi Tangkap 17 WNA Asal Afrika di Kalibata City

istimewa

KANTOR Imigrasi Jakarta Selatan menangkap 17 warga negara asing (WNA) asal benua Afrika yang tinggal di Indonesia tanpa surat keimigrasian yang sah di Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Jumat (11/1) malam.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Selatan Hamzah, Sabtu (12/1) mengatakan bahwa penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat yang curiga atas kegiatan para WNA ini yang sering keluar masuk pada malam hari.

Atas informasi ini, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Jaksel Idul Adheman membentuk tim untuk menyelediki dan memantau di lokasi. Operasi penggerebekan pun dimulai Jumat (11/1) pukul 20.00 WIB.

Petugas Imigrasi didampingi oleh pihak keamanan unit apartemen melakukan pemeriksaan terhadap tiga unit apartemen yang dicurigai dan mendapati tujuh WNA. Dari tujuh orang itu, lima di antaranya tidak dapat memperlihatkan dokumen keimigrasian kepada petugas imigrasi. Adapun dua sisanya memiliki paspor Nigeria yang izin tinggal di Indonesia telah habis masa berlakunya.

Lalu sekitar 23.30 WIB, petugas kembali menyisir area sekitar Apartemen Kalibata City. Hasilnya ada 10 WNA yang terjaring. Enam di antaranya tidak dapat memperlihatkan dokumen keimigrasian kepada petugas imigrasi. Adapun empat sisanya punya paspor Nigeria yang izin tinggalnya telah habis masa berlaku sejak 2017.

"Kami melanjutkan operasi hingga Sabtu (12/1) subuh. Seluruh WNA yang terjaring kami bawa ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non-TPI Jakarta Selatan guna pemeriksaan lebih lanjut," kata Idul. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More