Jumat 11 Januari 2019, 15:57 WIB

Tanggul Sungai Jebol, Pati Kebanjiran

Akhmad Safuan | Nusantara
Tanggul Sungai Jebol, Pati Kebanjiran

Dok. MI

 

TANGGUL Sungai Simo di Desa Sinoman, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah jebol sepanjang 15 meter, banjir melanda pemukiman penduduk, merendam puluhan hektate sawah di beberapa desa dan menggenangi jalur pantura Pati-Rembang.

Pemantauan Media Indonesia Jumat (11/1) ratusan warga hingga siang masih terus berusaha menambal tanggul Sunfai Simo yang jebol sepanjang 15 meter di Desa Sinoman, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati pada Kamis (10/1) petang, dengan menggunakan ratusan karung plastik berisi tanah untuk menutup lubang tanggul yang menganga.

Baca Juga: BBWS Citarum Tangani Jebol Tanggul Irigasi Sungai Cikondang

Sementara itu di sisi lain alat berat dari BDBD Pati terus melakukan pengerukan terhadap tumpukan sampah yang menjadi penyumbat aliran sungai, karena akibat tanggul jebol dan tumpukan sampah itu hingga kini beberapa desa terendam banjir dengan ketinggian 0,5-1 meter.

Selain merendam pemukiman penduduk, banjir yang berasal dari Pegunungan Muria ini juga merendam sedikitnya 40 hektare sawah hingga kerugian diperkieakan mencapai Rp450 juta di Desa Sinoman, bahkan meski sudah surut banjir itu hingga malam merendam halur pantura Pati-Rembang di Desa Widorokandang.

“Hingga tadi malam jalur pantura macet panjang, karena kendaraan yang melintas harus berjalan merambat akivat banjir mencapai 50 centimeter,” kata Hartono, warga Desa Widorokandang, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati.

Kepala Satuan Sabhara Polres Pati Ajun Komusaris Sugino mengatakan banjir kiriman dari Pegunungan Muria ini cukup mengejutkan, sehingga untuk mengamankan lalu lintas petugas kepolisian lamgsung diturunkan melakukan pengaturan sepanjang jalur pantura itu.

Jebolnya tanggul sungai, kata Sugino, mengakibatkan air melimpas dan merendam kawasan sekitar sungai, katema tumpukan sampah menutup aliran sungai hingga banjir tidak dapat dikendalikan.

Kepala Desa Sinoman Triyono mengatakan untuk mengantisipasi banjir lebih besar, ratusan warga dibantu aparat dari kepolisian, TNI dan BPBD Pati sejak pagi berupaya melakukan penutupan tanggul yang jebol serta membersihkan sampah yang menghambat aliran sungai.

“Hari ini diharapkan tanggul yang jebol sudah tertutup dan tumpukan sampah di sungai sudah dapat terangkat, karena huhan lebat di Muria menyebabkan volume air sungai meningkat,” ujar Triyono. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Riki Rahmansyah

Giliran Bengkulu Tolak UU Minerba

👤Antara 🕔Senin 01 Juni 2020, 06:58 WIB
Penolakan itu disampaikan dalam sidang rakyat yang dilakukan secara virtual, Minggu (31/5), bersama masyarakat dari Provinsi Aceh, Sumatra...
MI/Gino F Hadi

Warga Kalimantan Tuntut UU Minerba Dibatalkan

👤Antara 🕔Senin 01 Juni 2020, 06:51 WIB
Dinamisator Jaringan Advokasi Tambang Kalimantan Timur, Pradarma Rupang mengatakan dari sidang rakyat virtual  se Kalimantan...
Antara

Usai Lebaran Harga Ikan di Sungailiat Stabil

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 23:24 WIB
Harga ikan secara eceran di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sungailiat, Bangka Belitung, setelah Lebaran 2020 masih cukup stabil karena daya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya