KPU Pastikan Persiapan Debat Pertama Sudah Maksimal

Penulis: Insi Nantika Jelita Pada: Jumat, 11 Jan 2019, 18:30 WIB Politik dan Hukum
KPU Pastikan Persiapan Debat Pertama Sudah Maksimal

Ilustrasi

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan persiapan debat pertama pilpres yang akan bergulir pada Minggu (17/1) sudah maksimal. Acara tersebut bakal berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta.

"Persiapan debat pertama saya kira sudah maksimal, sudah sangat siap baik dari sisi substansi pertanyaan maupun orang-orang yang akan bertugas juga termasuk persiapan-persiapan teknis, semua sudah sangat siap. Mudah-mudahan tidak ada kendala yang berarti," ungkapnya di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (11/1).

Kemudian, menurut Pramono, 20 pertanyaan dari enam panelis debat sudah diberikan kepada perwakilan masing-masing paslon atau yang disebut Liaison Officer (LO).

Baca Juga: Debat Capres Jadi Pertimbangan untuk Memilih

"Pertanyaan juga sudah rapi, sudah diberikan pada Kamis (10/1) pukul 23.00 WIB. Pertanyaan itu menggali gagasan, wawasan, sikap politik maupun visi misi paslon," jelasnya.

Pertanyaan yang sudah disiapkan menurut Pramono bukan yang sembarangan, melainkan ingin menggali secara dalam perihal apa saja yang ditawarkan masing-masing paslon terkait soal isu hukum, HAM, korupsi dan terorisme dalam lima tahun mendatang jika terpilih menjadi seorang presiden dan wakil presiden.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa perwakilan timses masing-masing paslon sudah menandatangani surat pernyataan yang menyebutkan agar daftar pertanyaan debat pertama tidak disebarluaskan. KPU juga memastikan pertanyaan debat yang diberikan kedua perwakilan paslon adalah sama.

"Mereka sudah menandatangani surat pernyataan bahwa daftar pertanyaan ini bukan untuk disebarluaskan, kecuali diberikan kepada pasangan calon. Terserah pasangan calon untuk membukanya, membahasnya dengan lingkungan yang sangat terbatas mungkin dengan konsultannya dan sebagainya,” pungkas dia. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More