Longsor Talud Sungai Ancam Permukinan Warga di Klaten

Penulis: Djoko Sardjono Pada: Selasa, 08 Jan 2019, 11:25 WIB Nusantara
Longsor Talud Sungai Ancam Permukinan Warga di Klaten

Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Bambang Giyanto -- MI/Djoko Sardjono

HUJAN lebat disertai angin kencang di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (7/1) petang, mengakibatkan talud sungai di Desa Ponggok dan Desa Turus, Kecamatan Polanharjo, longsor hingga menggerus lahan pekarangan penduduk di bantaran sungai tersebut.

Hujan lebat juga menyebabkan Sungai Kaligawe di Desa Kupang, Kecamatan Karangdowo, meluap hingga menggenangi permukiman penduduk. Hal ini terjadi akibat aliran sungai tersumbat rumpun bambu yang hanyut diterjang banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Klaten, Bambang Giyanto, mengatakan talud sungai yang longsor di Desa Ponggok, tepatnya di Dukuh Umbulsari, sepanjang 30 meter. Sedangkan talud yang ambrol di Dukuh Jetis, Desa Turus, mencapai 40 meter.

Longsor talud di Desa Ponggok dan Desa Turus, karena tak mampu menahan arus deras sungai setelah diguyur hujan lebat. Kejadian longsor  membuat waswas keluarga Suharjo, warga Umbulsari. Pasalnya, lahan pekarangannya tergerus longsor tersebut.

Baca juga: Hujan Deras, Jalan Protokol di Bojonegoro Tergenang

Adapun banjir di Desa Kupang, Karangdowo, akibat luapan Sungai Kaligawe. Air sungai meluap lantaran tersumbat rumpun bambu yang ambrol dan hanyut terbawa banjir. Namun, kata Bambang, genangan banjir di permukiman warga malam itu cepat surut.

Selain itu, hujan lebat disertai angin kencang menerjang beberapa wilayah di Klaten, antara lain di Kecamatan Tulung, Karanganom, dan Polanharjo. Kejadian angin kencang itu menyebabkan pohon tumbang, serta merusak rumah penduduk dan sarana ibadah.

"Hujan lebat disertai angin kencang merusak atap rumah penduduk dan satu pustaka masjid di Polanharjo. Kemudian di Karanganom, kejadian pohon tumbang menimpa jaringan listrik dan menutup akses jalan," beber Kalak BPBD Klaten, Selasa (8/1).

Untuk penanganan rumah rusak dan pohon tumbang akibat bencana alam tersebut, BPBD Klaten malam itu juga langsung menerjunkan tim reaksi cepat (TRC) dengan didukung TNI, Polri, dan warga masyarakat setempat. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More