Jumat 04 Januari 2019, 16:45 WIB

Gelombang Surut, Akhirnya Pelayaran Jepara - Karimunjawa Dibuka

Akhmad Safuan | Nusantara
Gelombang Surut, Akhirnya Pelayaran Jepara - Karimunjawa Dibuka

MI/Akhmad Safuan

 

TERTAHAN beberapa hari, ratusan wisatawan di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah berlega hati karena dapat kembali pulang. Surutnya gelombang membuat pelayaran penyeberangan Jepara-Karimunjawa kembali dibuka.

Pemantauan Media Indonesia, Jumat (4/1), penyeberangan Jepara-Karimunjawa kembali dibuka. Dua kapal dari Jepara yakni KMP Sinjai dan KMC Expres Bahari diberangkatkat hari ini membawa ratusan penumpang dan sembako menuju ke Karimunjawa.

Setelah sejak sebelum tahun baru pekayatan dihentikan akibat gelombang tinggi di perairan Laut Jawa hingga mencapai 2,5 meter, mulai hari ini gelombang mereda dan pelayaran kembali dibuka meskipun sebelumnya masih banyak pertimbangan katena dikhawatirkan gelombang kembali bergolak.

"Sudah diberangkatkan hari ini, Kmp Siginjai tadi berangkat pukul 7.45 WIB dan KMC Expres Bahari pukul 08.00 WIB," kata Kepala UPP Syahbandar Tri Jotho.

 

Baca juga: Gelombang Tinggi Mereda Pelayaran Masih Lumpuh

 

Kapal Motor Penumpang (KMP) Siginjai, demikian Tri Jotho, dengan kapasitas 260 penumpang menurut rencana akan langsung kembali lagi ke Jepara, sedangkan Kapal Motor Cepat (KMC) Expres Bahari dengan kapasitas 410 penumpang baru akan kembali ke Jepara Sabtu (5/1) esok.

Sementaara ini gelombang selat Karimunjawa 0,5 - 1,25 meter, lanjut Tri Jotho, masih aman untuk pelayaran. Namun jika cuaca buruk tiba-tiba maka pelayaran kapal tersebut akan kembali dihentikan. 

"Jika kondisi tiba-tiba buruk seperti biasanya kapal itu bisa kembali lagi," imbuhnya. (OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More