Jumat 04 Januari 2019, 16:45 WIB

Gelombang Surut, Akhirnya Pelayaran Jepara - Karimunjawa Dibuka

Akhmad Safuan | Nusantara
Gelombang Surut, Akhirnya Pelayaran Jepara - Karimunjawa Dibuka

MI/Akhmad Safuan

 

TERTAHAN beberapa hari, ratusan wisatawan di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah berlega hati karena dapat kembali pulang. Surutnya gelombang membuat pelayaran penyeberangan Jepara-Karimunjawa kembali dibuka.

Pemantauan Media Indonesia, Jumat (4/1), penyeberangan Jepara-Karimunjawa kembali dibuka. Dua kapal dari Jepara yakni KMP Sinjai dan KMC Expres Bahari diberangkatkat hari ini membawa ratusan penumpang dan sembako menuju ke Karimunjawa.

Setelah sejak sebelum tahun baru pekayatan dihentikan akibat gelombang tinggi di perairan Laut Jawa hingga mencapai 2,5 meter, mulai hari ini gelombang mereda dan pelayaran kembali dibuka meskipun sebelumnya masih banyak pertimbangan katena dikhawatirkan gelombang kembali bergolak.

"Sudah diberangkatkan hari ini, Kmp Siginjai tadi berangkat pukul 7.45 WIB dan KMC Expres Bahari pukul 08.00 WIB," kata Kepala UPP Syahbandar Tri Jotho.

 

Baca juga: Gelombang Tinggi Mereda Pelayaran Masih Lumpuh

 

Kapal Motor Penumpang (KMP) Siginjai, demikian Tri Jotho, dengan kapasitas 260 penumpang menurut rencana akan langsung kembali lagi ke Jepara, sedangkan Kapal Motor Cepat (KMC) Expres Bahari dengan kapasitas 410 penumpang baru akan kembali ke Jepara Sabtu (5/1) esok.

Sementaara ini gelombang selat Karimunjawa 0,5 - 1,25 meter, lanjut Tri Jotho, masih aman untuk pelayaran. Namun jika cuaca buruk tiba-tiba maka pelayaran kapal tersebut akan kembali dihentikan. 

"Jika kondisi tiba-tiba buruk seperti biasanya kapal itu bisa kembali lagi," imbuhnya. (OL-3)
 

Baca Juga

DOK MI

Nenek Berusia 100 Tahun Asal Surabaya Sembuh dari Korona

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:40 WIB
Pada 28 April 2020, dari hasil swab test, Nenek Kamtin terkonfirmasi positif Covid-19. Ia kemudian menjalani perawatan di rumah sakit PHC...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Kota Malang Siapkan Perwal New Normal

👤Bagus Suryo 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 03:25 WIB
Untuk memasuki masa transisi setelah PSBB menuju masa adaptif atau new normal, diperlukan sejumlah...
DOK MI

Tiga Pasar di Banjarnegara Ditutup Sementara

👤Lilik Darmawan 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 02:55 WIB
Saat pasar kembali dibuka, Pemkab Banjernegara akan melakukan pengetatan pengawasan dan meminta kepada masyarakat untuk mengikuti protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya