Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Diuji Coba

Penulis: (Ant/S-4) Pada: Kamis, 03 Jan 2019, 08:20 WIB Otomotif
Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Diuji Coba

MI/Dwi Apriani

MOBIL listrik bernama Blits dan Kasuari yang dipersiapkan untuk turun di reli dakar menempuh jarak 5.000 kilometer dari total rencana 15 ribu kilometer mengelilingi Nusantara. Jarak tempuh tersebut untuk menguji ketangguhan kedua mesin mobil listrik.

"Itu (5.000 km) dari Surabaya dan sebelum masuk Sigli (Kabupaten Pidie), Aceh," ujar Direktur Eksekutif Pusat Unggulan Iptek-Sistem Kontrol Otomotif Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Muhammad Nur Yuniarto, di Banda Aceh, Kamis (27/12/2018). Mobil itu merupakan karya anak bangsa Universitas Budi Luhur dan ITS Surabaya.

Blits merupakan mobil balap berkapasitas dua orang bertenaga baterai 100 kwh. Satu kali pengisian dayanya mampu menempuh jarak hingga 500 km.

Kasuari merupakan mobil hibrida yang menggabungkan mesin berbahan bakar kelapa sawit dan tenaga baterai dilengkapi pendingin udara. Keduanya melintasi berbagai medan yang jarang dilewati kendaraan di pulau Jawa dan Sumatra.

Nur mengatakan, tim ekspedisi PLN Blits Explore Indonesia dan Sumatra melanjutkan perjalanan ke ujung barat Indonesia menuju titik nol kilometer di Pulau Weh, Sabang, Aceh. Jaraknya sekitar 16 mil laut dari Banda Aceh dengan kapal motor penyeberangan di Ulee Lheue-Balohan.

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More