Trump: Peran AS Sebagai 'Polisi Dunia' Sudah Berakhir

Penulis: AFP Pada: Kamis, 27 Des 2018, 15:55 WIB Internasional
Trump: Peran AS Sebagai

SAUL LOEB / AFP

PRESIDEN AS Donald Trump memanfaatkan kunjungan singkatnya ke Irak untuk menyatakan berakhirnya peran Amerika Serikat sebagai "polisi dunia" sekaligus membela keputusannya menarik mundur pasukan AS dari Suriah.

Dalam pidato di markas pasukan AS di Irak, Trump menjelaskan kebijakannya yaitu "America First" dengan mundur dari aliansi multinasional, termasuk keluar dari perang berkepanjangan di Timur Tengah.

"Tidak adil kalau semua beban diserahkan kepada Amerika Serikat. Kami tidak mau dimanfaatkan oleh negara lain untuk melindungi kepentingan mereka sendiri. Mereka tidak pernah membayar kami untuk itu," ujarnya.

"Pasukan AS sekarang tersebar di seluruh dunia. Bahkan ada yang bertugas di negara yang jarang didengar oleh masyarakat AS sendiri. Terus terang ini sudah melebihi batas," tambahnya.

Trump menyatakan juga sudah menolak permintaan para jenderal soal perpanjangan masa tugas pasukan AS di Suriah. Saat ini ada sekitar 2.000 pasukan AS di Suriah yang berperang melawan kelompok Islamic State dengan bantuan pejuang lokal dan pasukan asing lainnya.

Setelah meninggalkan Irak, sebelum tiba kembali di AS, rombongan Trump berhenti sejenak di pangkalan militer Ramstein di Jerman untuk menemui ratusan pasukan AS di tempat itu. (X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More