Rabu 26 Desember 2018, 16:00 WIB

Peringatan Dini Tsunami Ina Tews Diujicoba, Berfungsi Normal

Liliek Dharmawan | Nusantara
Peringatan Dini Tsunami Ina Tews Diujicoba, Berfungsi Normal

ANTARA

 

SISTEM peringatan dini tsunami Indonesia Tsunami Early Warning System atau Ina Tews yang berada di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) masih beroperasi dengan baik. 

Buktinya, sirine sistem peringatan dini tersebut berbunyi dengan normal pada saat ujicoba sekitar jam 10.15 WIB, Rabu (26/12).

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy, mengatakan bahwa secara nasional sirine Ina Tews diujicoba per tanggal 26 setiap bulannya. Pelaksanaan dilakukan dari BMKG pusat. 

"Kalau di Cilacap, ada dua titik sirine Ina Tews, yakni di Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan dan di sekitar Pasar Jetis, Kecamatan Nusawungu, Cilacap. Kedua wilayah merupakan daerah pesisir dan rawan terjadinya tsunami," kata Tri Komara, Rabu (26/12).

 

Baca juga: Aktivitas Anak Krakatau Mengkhawatirkan, 1.500 Warga Pulau Sebesi Dievakuasi

 

Menurutnya, peralatan Ina Tews yang berada di dua lokasi di Cilacap masih tetap berfungsi secara normal. Teknologi Ina Tews merupakan sistem peringatan dini yang diletakkan di lokasi-lokasi rawan tsunami di Indonesia. Pengaktifannya dilakukan dengan melalui satelit. 

"Peralatan yang berada di Cilacap Selatan dan Nusawungu itu sangat penting, apalagi Cilacap merupakan salah satu kabupaten yang rawan terhadap bencana tsunami," ujarnya.

Sementara khusus sirine peringatan dini BPBD Cilacap, biasanya dilaksanakan pada per tanggal 10 dan 25 setiap bulannya. Untuk setiap tanggal 10 dilaksanakan pada jam 14.00 WIb dan pada tanggal 25 diujicoba pada jam 20.00 WIB. Masyarakat Cilacap telah mengetahui jadwalnya sehingga mengetahui kalau tangga-tanggal tersebut dilaksanakan ujicoba. (OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More