Minggu 23 Desember 2018, 20:10 WIB

Lalu Lintas Jakarta Jelang Natal Terpantau Aman

Atalya Puspa | Megapolitan
Lalu Lintas Jakarta Jelang Natal Terpantau Aman

MI/SUSANTO

 

DIREKTUR Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas) Kombes Pol Yusuf mengungkapkan hingga kini kondisi lalu lintas di wilayah DKI Jakarta jelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 masih terpantau aman.

"Kalau kita pantau dalam kota tidak ada masalah," ujar Yusuf kepada Media Indonesia, Minggu (23/12).

Yusuf mengatakan Polda Metro Jaya fokus pada sejumlah titik yang berpotensi mengalami kepadatan, yakni tol arah Cikampek dan Cikarang Utama. Ia mengungkapkan, terdapat sejumlah kepadatan tapi masih pada taraf normal.

"Di kilometer 10 itu ada pesimpangan dari Cikunir yang mengarah ke Cikampek, dan dari Cawang. Itu titik temu di situ, itu agak padat," terang Yusuf.

Selanjutnya, ia juga menyebutkan Gerbang Tol Cikarang Utama, tepatnya di kilometer 29 terpantau panjang. Selain itu, terdapat penyempitan jalan di Kilometer 35 hingga 37. Namun, ujarnya, kepadatan tersebut masih terpantau aman dan tidak menimbulkan kendaraan yang membludak.

Yusuf mengatakan, untuk mengantisipasi kemacetan dan kendaraan membludak, pihaknya menempatkan anggota di titik-titik rawan macet tersebut, dan menyiapkan sejumlah mobil derek untuk mengantisipasi kendaraan yang mogok.

"Langkah kita, kita tempatkan anggota di tempat-tempat itu. Kita antisipasi patroli, jika ada kendaraan yang trouble atau mogok segera langsung kita angkut dengan menyiampkan sejumlah derek," jelasnya.

Selain menyiapkan anggota, Yusuf menyatakan Polda Metro Jaya juga sudah menyapkan sejumlah alternatif jika terjadi kepadatan lalu lintas di wilayah Jakarta.

"Beberapa alternatif sudah kita siapkan. Kalau stuck, kita buat contra flow. Kalau terjadi kepadatan luar biasa, kita bikin one way," tambah Yusuf.

Yusuf mengimbau kepada masyarakat luas, menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, agar tertib berlalu lintas dan mengikuti petunjuk yang telah diberikan oleh petugas agar tidak menciptakan hambatan.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyatakan telah mengerahkan 11.404 personel dan 150 pos pengamanan selama Operasi Lilin Jaya jelang perayan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Operasi tersebut digelar untuk memastikan perayaan tersebut terhindar dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibnas).

Operasi Lilin digelar sejak 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019. Pengamanan akan terpusat di sejumlah lokasi, yakni objek wisata, tempat ibadah, bandara, pelabuhan, dan pusat keramaian. (X-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More