Kamis 20 Desember 2018, 13:15 WIB

Sempat Alami Masalah, 3 Astronot ISS Mendarat di Bumi

Sempat Alami Masalah, 3 Astronot ISS Mendarat di Bumi

AFP

 

PESAWAT ruang angkasa Soyuz yang membawa pulang astronot Alexander Gerst, Serena Aunon-Chancellor dan Sergey Prokopyev dari masa tugas mereka di stasiun luar angkasa internasional (ISS) sukses mendarat di Kazakhstan, Kamis (20/12).

Namun tugas mereka di ISS sempat terganggu oleh kebocoran udara di dinding pesawat Soyuz dan kegagalan peluncuran roket yang seharusnya membawa awak stasiun pengganti mereka.

"Awak Soyuz MS-109 telah selamat kembali ke Bumi setelah 197 hari di luar angkasa," ungkap badan luar angkasa Rusia, Roscosmos.

Mereka bertugas di ISS sejak Juni 2018. Insiden penting pertama terjadi pada Agustus ketika dinding pesawat Soyuz, yang disimpan di luar ISS, mengalami kebocoran udara. Para astronot berhasil menambal kebocoran itu. Namun dari investigasi yang dilakukan Rusia, dikatakan bahwa ada kemungkinan sabotase sebagai penyebabnya.

Insiden berikutnya pada 11 Oktober ketika pesawat Soyuz yang membawa Aleksey Ovchinin dan Nick Hague gagal mengangkasa dan memaksa kedua astronot melakukan pendaratan darurat. (X-11)

Baca Juga

AFP/Mexican Presidency

Presiden Meksiko Tolak Ucapkan Selamat untuk Biden

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 09:39 WIB
Lopez Obrador menegaskan bahwa memberikan ucapan selamat saat proses pemilu belum resmi selesai adalah tindakan yang...
AFP/SILVIO AVILA

Turki Beli 50 Juta Dosis Vaksin Sinovac

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 November 2020, 09:01 WIB
CoronaVac dan empat vaksin eksperimental lain yang dikembangkan di Tiongkok sedang menjalani uji coba tahap akhir untuk dipastikan...
AFP/David Ryder/Getty Images

Boeing 737 Max akan Mengudara di Brasil Akhir Tahun

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 26 November 2020, 08:50 WIB
Gol Linhas Aereas Inteligentes SA, maskapai penerbangan yang mengoperasikan pesawat model tersebut di Brasil, sedang menerapkan langkah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya