Dirut LRT Jakarta: Tarif LRT Jakarta Diumumkan Pekan Ini

Penulis: Dian Ihsan Siregar Pada: Rabu, 19 Des 2018, 16:10 WIB Megapolitan
Dirut LRT Jakarta: Tarif LRT Jakarta Diumumkan Pekan Ini

ANTARA

BESARAN tarif light rail transit (LRT) Jakarta akan diumumkan pekan ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bakal mengumumkan langsung. 

"Pak Gubernur Anies kemungkinan akan menyampaikan tarif MRT dan LRT. Jadi, seharusnya bisa dijawab minggu ini," ucap Direktur Utama LRT Jakarta Allan Tandiono di Kantor Pusat Jakpro, Gedung Thamrin City, Jakarta, Rabu (19/12).

Sebelum beroperasi pada Februari 2019, bilang dia, manajemen LRT Jakarta akan melakukan uji coba kereta secara keseluruhan. Saat ini, proyek pengerjaan LRT Jakarta koridor 1 fase 1 rute Kelapa Gading-Velodrome sudah mencapai 90%.

Dia meyakini pengoperasian LRT Jakarta bisa mengurangi tingkat kemacetan. 

"Ini tindakan cepat pemerintah dalam mengatasi kemacetan yang ada, maka perlu ada transportasi massal seperti LRT," jelas dia.

 

Baca juga: LRT City Gateway Park Penuhi Kebutuhan Hunian Kaum Suburban

 

LRT Jakarta koridor 1 fase 1 bisa ditempuh selama 13 menit. Dengan panjang mencapai 5,8 kilometer (km), di mana jarak antar stasiun 1-2,5 menit. 

Ada enam stasiun layang (elevated) yang telah dibangun, yakni Pegangsaan Dua, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian dan Velodrome. LRT Jakarta sengaja dibangun di Kelapa Gading dan Rawamangun untuk mengurai kemacetan di daerah tersebut pada pagi dan sore hari. 

"Khususnya sejumlah titik seperti Jalan Perintis Kemerdekaan sampai menuju ke arah Tugu Tani. Jadi akan dibangun ke sana, karena kapasitasnya lebih besar yang ada di sana," tutur dia. (Medcom/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More